Instalasi Khusus Wijayakusuma

Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan  ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Tugas Rumah Sakit adalah  melaksanakan pelayanan kesehatan dengan mengutamakan  kegiatan  penyembuhan  penderita dan  pemulihan  keadaan  cacat  badan dan  jiwa yang dilaksanakan secara terpadu dengan upaya peningkatan (promotif) dan pencegahan (preventif), serta melaksanakan upaya rujukan.

Rawat inap adalah pelayanan kesehatan perorangan yang meliputi observasi, diagnosis, pengobatan, keperawatan, rehabilitasi  medik dengan  menginap diruang rawat inap pada sarana kesehatan rumah sakit pemerintah atau swasta serta puskesmas perawatan dan rumah bersalin, yang oleh karena penyakitnya pasien harus menginap.

Instalasi Khusus Wijayakusuma (IKW) RSU Kabupaten Tangerang sebelumnya dikenal dengan  Paviliun Khusus Wijayakusuma (PKW) yang pengelolaanya dilakukan oleh pihak swasta yaitu PT Sumber Mutiara. Sehubungan  telah  berakhirnya masa kontraknya dengan RSU Kabupaten Tangerang maka pada akhir tahun 2009 PKW diserahterimakan ke RSU kabupaten  Tangerang.

Pada Tahun 2010 IKW diresmikan dan pengelolaanya sepenuhnya diatur oleh RSU Kabupaten Tangerang, dengan  tujuan memberikan  pelayanan  khusus  untuk rawat inap dan rawat jalan.  Adapun  tugas pokok IKW RSU Kabupaten Tangerang adalah mengadakan pelayanan khusus dibidang perawatan, yaitu rawat inap dan rawat jalan  serta one day care (ODC).

Instalasi Khusus Wijayakusuma dalam memberi pelayanan diharapkan dapat memberikan kepuasan kepada pasien, dengan demikian IKW selalu berusaha menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan.

Untuk dapat memenuhi mutu  pelayanan di RSU Kabupaten Tangerang maka perlu dilengkapi  dengan Pedoman Pelayanan IKW, dengan demikian diharapkan pelayanan IKW di RSU Kabupaten Tangerang menjadi terstandar dan bermutu.

Instalasi Khusus Wijayakusuma dalam operasionalnya melakukan pelayanan :

  1. Pelayanan Rawat Inap yang meliputi seluruh spesialistik
  2. Rawat Inap Khusus (HCU)
  3. Pelayanan Rawat Jalan meliputi Spesialistik Penyakit Dalam, Anak, Bedah Umum, Bedah Ortopedi, Bedah Urologi, Bedah Anak,  Obgyn, Saraf, Paru, Jantung, Rehabilitasi Medik, Gizi Klinik, Jiwa.
  4. Pelayanan One day Care (ODC) meliputi Mata dan THT

Pelayanan Rawat Jalan

Setiap hari kerja Senin sampai Jum’at : Pukul 08.00 – 15.00 WIB

 

STANDAR FASILITAS

Lokasi

Lokasi IKW berada di bagian Selatan dengan luas bangunan dan sarana pelengkap lainnya sebesar 1.340 m2 yang merupakan bagian dari RSU Kabupaten.

Ruangan

NO

NAMA RUANGAN JUMLAH RUANGAN JUMLAH TEMPAT TIDUR
1 Diamond 4 4
2 Ruby 11 11
4 Topaz 5 10
5 HCU 1 2
  JUMLAH

21

27

 

Standar Fasilitas

  1. Sumber Air
  2. Sumber Listrik

Sumber air di IKW langsung dari PDAM melalui instalasi air RSU Kabupaten Tangerang.

Sumber listrik yang ada di IKW langsung terhubung dari Instalasi pusat listrik yang ada di RSU Kabupaten Tangerang.

  1. Daftar Inventarisasi
  2. Alat Medis
  3. Alat non Medis
  4. Peralatan Perlengkapan Keselamatan dan Keamanan Kerja

                                                                                                    Sumber Informasi

                                                                                          Hukum Publikasi dan Informasi
                                                                                          Hotline Service : 08111000594


Bagikan artikel ini