LETAK GEOGRAFIS KECAMATAN MAUK

LETAK GEOGRAFIS KECAMATAN MAUK

Secara geografis Kecamatan Mauk memiliki luas wilayah 36.926 km, terdiri dari wilayah daratan seluas 4009.5km, dari permukaan laut sekitar 4 meter. Kecamatan Mauk secara administrasi kewilayahan disebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kemiri, disebelah utara berbatasan dengan jawa, disebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Sukadiri dan disebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Rajeg.

Potens isumber daya alam yang dimiliki Kecamatan Mauk terdiri dari bidang pertanian dan perikanan. Dari aspek demografi penduduk Kecamatan Mauk berjumlah 89.935 jiwa terdiri dari laki-laki berjumlah 46.082 jiwa dan perempuan berjumlah 43.853 jiwa, dengan tingkat kepadatan 103.96 jiwa per km2. Strata pendidikan penduduk Kecamatan Mauk terdiri dari pendidikan SD 12.554 jiwa, berpendidikan setingkat SLTP berjumlah 8.530 jiwa, berpendidikan setingkat SLTA berjumlah 3.924 jiwa dan berpendidikan setingkat perguruan tinggi berjumlah 514 jiwa. Laju pertumbuhan penduduk Kecamatan Mauk diperkirakan diatas 2.5% pertahun.

Sedangkan fasilitas umum untuk pelayanan kepada masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Mauk terdiri dari, Puskesmas satu dan Puskesmas pembantu sebanyak 2 unit. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang sembako terdapat pasar desa sebanyak 3 buah dan pasar tradisional sebanyak satu buah.

Kecamatan Mauk memiliki posisi yang strategis, berfungsi sebagai jalan lingkar utara menuju Ibukota Provinsi. Oleh karena posisi tersebut, Kecamatan Mauk sangat diminati investor untuk menanamkan investasinya di bidang pertanian dan sudah berkembang kearah perumahan seiring dengan semakin baiknya prasarana pendukung seperti jalan dan dibangunnya perbengkelan kapal.

Selain itu, melihat demografis, Kecamatan Mauk memiliki posisi strategis karena didukung akses jalan yang menghubungkan antar Kabupaten di Provinsi Banten, sehingga sangat cocok untuk dijadikan industri pertanian. Hal ini berdampak pada luasnya lapangan kerja yang dengan sendirinya Kecamatan Mauk harus selalu siap baik dalam segi pelayanan kepada masyarakat maupun penyediaan prasarana dan sarana yang mendukung.


Bagikan artikel ini