Dinkes Kabupaten Tangerang Terapkan Aplikasi Tangani HIV/AIDS

DINAS Kesehatan Kabupaten Tangerang bertekad akan terus berupaya menekan angka penyebaran HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Tangerang.

Terkait itu, upaya-upaya penemuan kasus pun terus ditingkatkan dengan bekerjasama LSM  penjangkau dan pendamping melalui kegiatan Mobile VCT, yaitu suatu sistem jaringan aplikasi berbasis website.

Sistem Informasi HIV dan AIDS (SIHA) ini semdiri ter-bridging dengan aplikasi Sistem Informasi Mobile Clinic dan Jejaring Layanan Data (Simonic Jelita) dan Sistem Informasi Kesehatan (Sikat) Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang P2P pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr H Hendra Tarmizi MARS, menuturkan terkait upaya-upaya itu maka pada 16 Januari 2020 melalui Seksi P2PM-SIK diadakan Workshop SIHA dan Technical Asistensi Jelita Program HIV-AIDS dan IMS.

“Para pesertanya adalah Pengelola Program HIV Puskesmas dan Rumah Sakit, RR-IT (Record and Report Information Technologi) Puskesmas dan Rumah Sakit, serta Pengurus KPA Kabupaten Tangerang,” katanya.

Adapun narasumber ditampilkan pejabat dari Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Banten, YBMG, Linkages, dan KPA Kabupaten Tangerang.

Dijelaskan dr H Hendra Tarmizi MARS, tujuan dan harapan dari kegiatan ini agar para peserta dapat memahami tata-cara mengoperasionalisasi aplikasi Simonic Jelita, rencana bridging SIM Rumah Sakit, dan dapat tersusun kesepakatan pencatatan dan pelaporan HIV/AIDS dan IMS.

Lebih lanjut disampaikan, “semoga dengan adanya program ini dapat semakin baik dalam mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Tangerang.”


Bagikan artikel ini