Kunjungan Kerja Tim BPSDM Kementrian Dalam Negeri ke BKPSDM Kab. Tangerang

TIGARAKSA – Kepala BKPSDM Kabupaten Tangerang, Drs. Hendar Herawan, MM dan Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Drs. Dwi Gama Ediyanto, M.Si beserta tim menyambut kunjungan kerja Dr. Tutik Lestari, M.Pd selaku Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepemimpinan dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dan Pelatihan Kepemimpinan Administrator dengan pola pembiayaan PNPB di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Tahun 2021. BKPSDM Kabupaten Tangerang dan BPSDM Kementerian Dalam Negeri pada tahun ini bekerjasama untuk melakukan pelatihan PKA sebanyak 33 Orang dan PKP sebanyak 40 Orang, hal tersebut yang mendasari tim dari BPSDM Kementerian Dalam Negeri melakuan kunjungan kerja ini.

Tim kunjungan kerja BPSDM Kementerian Dalam Negeri selain melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi PKP dan PKA juga memberikan rekomendasi kepada Kepala BKPSDM Kabupaten Tangerang berdasarkan UU No.23 Tahun 2014 Pasal 233 bahwa Pegawai aparatur sipil negara yang menduduki jabatan kepala Perangkat Daerah, harus memenuhi persyaratan kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural. Selain memenuhi kompetensi berikut, pegawai aparatur sipil negara yang menduduki jabatan kepala Perangkat Daerah harus memenuhi kompetensi pemerintahan. Ketentuan tersebut berlaku secara mutatis mutandis terhadap pegawai aparatur sipil negara yang menduduki jabatan administrator di bawah kepala Perangkat Daerah dan jabatan pengawas. Berdasarkan PP 12 Tahun 2017 pada Pasal 6 menyatakan bahwa Pendidikan dan pelatihan diselenggarakan dalam rangka pengembangan kompetensi penyelenggara pemerintahan Daerah diluar Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) juga terdapat Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pemerintah Dalam Negeri (PIM Pemdagri).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menerima dengan baik saran tersebut dan berterimakasih kepada Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepemimpinan.
Kegiatan ini menjadi sangat penting agar Pendidikan dan Pelatihan yang baik dapat membantu kompetensi ASN di daerah dalam rangka mewujudkan sumber daya ASN yang lebih baik lagi.

PSDM/BAS


Bagikan artikel ini