CPNS Kabupaten Tangerang Jalani Latsar Metode Blended Learning

Sebanyak 60 CPNS Formasi Tahun 2019 melaksanakan Pelatihan Dasar CPNS Gelombang Pertama dari Pemerintah Kabupaten Tangerang yang diselenggarakan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan, Jl. Wijaya Kusuma Raya No.45 Cilandak, Jakarta Selatan. Pada Gelombang Pertama ini terdapat dua angkatan yaitu Angkatan I dan Angkatan II yang masing-masing terdiri dari 40 orang. Setiap angkatan terdiri dari 30 orang dari Pemerintah Kabupaten Tangerang dan 10 orang dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Setelah melakukan tahapan MOOC (Massive open online course) selama 16 hari mulai dari 1 Maret sampai dengan 21 Maret 2021 para peserta Pelatihan Dasar CPNS mengikuti latsar tahap kedua yaitu Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) selama 217 JP terdiri dari 25 JP pembelajaran daring secara langsung (synchronous) dan 192 JP dilaksanakan secara asynchronous atau setara 22 hari kerja dimulai tanggal 22 Maret sampai dengan 21 April 2021. Dalam tahap ini seluruh peserta pelatihan dasar CPNS dibebastugaskan dari kegiatan tugas sehari-hari agar lebih fokus dalam mengikuti kegiatan latsar. Materi yang didapatkan dalam tahapan distance learning ini yaitu Agenda I : Sikap Perilaku Bela Negara (3 Hari), Agenda II : Nilai-Nilai Dasar PNS (4 Hari), Agenda III : Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI (3 Hari), dan Agenda IV : Aktualisasi (12 Hari).

Perberdaan latsar model dahulu dengan yang baru.

Setelah dilaksanakan Latsar ini, diharapkan terbentuknya karakter CPNS yang berintegritas, memiliki rasa bela negara, mampu berinovasi, dan berkontribusi aktif bagi Negara.

PSDM/Ami


Bagikan artikel ini