Keberhasilan Pemkab Tangerang Menerapkan Sistem Merit Dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara

Tangerang, -- Pemerintah Kabupaten Tangerang mendapatkan penghargaan Meritokrasi dengan predikat baik bersama 57 instansi, baik pusat dan daerah dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kamis (28/1/2021).

Kabupaten Tangerang dinilai berhasil mengembangkan Sistem Merit atau manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Plakat dan piagam penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara.


Meritokrasi adalah sistem yang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi, bukan kekayaan, senioritas, dan sebagainya. 

Meritokrasi sebenarnya menunjuk kepada bentuk sistem politik yang memberikan penghargaan lebih kepada mereka yang berprestasi atau berkemampuan yang dapat dipakai untuk menentukan suatu jabatan tertentu. Kerap dianggap sebagai suatu bentuk sistem masyarakat yang sangat adil dengan memberikan tempat kepada mereka yang berprestasi untuk duduk sebagai pemimpin, tetapi tetap dikritik sebagai bentuk ketidakadilan yang kurang memberi tempat bagi mereka yang kurang memiliki kemampuan untuk tampil memimpin.

SEK/Fah


Bagikan artikel ini