Menjadi Wilayah Percontohan, Diskominfo Kabupaten Tangerang Gelar Loka Karya SP4N-LAPOR di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang

TIGARAKSA – Demi tingkatkan pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Loka Karya SP4N-LAPOR! di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Senin (29/3/21).

Melalui Zoom Cloud Meeting, kegiatan Loka Karya SP4N-LAPOR! di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang diadakan di Ruang Rapat NOC, Gedung Bupati, Kabupaten Tangerang.

Dengan narasumber Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang Tini Wartini, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Tangerang Rudi Hartono serta Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten Dedi Irsan, kegiatan ini diikuti oleh berbagai lintas Perangkat Daerah (PD) di Kabupaten Tangerang.

Dalam paparannya, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Tangerang Rudi Hartono, mengatakan Kabupaten Tangerang menjadi salah satu dari enam wilayah percontohan SP4N-LAPOR! yang mengharuskan adanya sinergitas dari seluruh pihak.

“Pemkab Tangerang sebagai kategori daerah yang berkembang dalam pengelolaan pengaduan publik dengan angka pengaduan yang relatif tinggi, maka dibutuhkan percepatan implementasi SP4N-LAPOR! diantaranya penyempurnaan tata kelola dan peningkatan kapasitas SDM,” ujar Rudi Hartono.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten Dedi Irsan selaku narasumber juga mengatakan dalam melayani pengaduan harus adanya SOP, agar penyelesaian pengaduan dapat berjalan dengan efektif. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang Tini Wartini mengatakan kita tetap harus melayani pengaduan secara sistem ataupun manual.

“Nantinya pelayanan manual akan dibantu untuk diinput pada SP4N-LAPOR! agar pengaduan dapat terbaca oleh pusat dan juga agar pengaduan yang belum dilaksanakan dapat diketahui dan terukur,” tutur Tini Wartini.

Adapun hal yang perlu diperbaiki yaitu PD diharapkan segera menyusun SOP Pelayanan Pengaduan, menyediakan SDM secara khusus untuk bidang pelayanan pengaduan, terus mempublikasikan SP4N-LAPOR! sebagai media pengaduan dengan indikator terukur, menyediakan tempat khusus untuk pelayanan pengaduan, berkoordinasi dengan PD terkait, adanya reward dan punishment bagi PD dalam penanganan SP4N-LAPOR!.

Harapannya Pemerintah Kabupaten Tangerang dapat bekerja dengan optimal dalam menangani SP4N-LAPOR! dan tiap PD dapat bekerjasama serta bersinergi dengan baik agar pelayanan publik di Kabupaten Tangerang dapat lebih baik lagi.

(IKP Diskominfo Kabupaten Tangerang)
Nomor : PR / 162 - DISKOMINFO / III / 2021


Bagikan artikel ini