PNS Tanda Tangan Fakta Integritas

Tigaraksa,--Sebanyak 97 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang menandatangani Fakta Integritas Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, bertempat di ruang rapat utama DPMPTSP Kabupaten Tangerang. Selasa ( 7/2 ).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar, Asisten Bidang Administrasi Umum H. Yani Sutisna, kepala Inspektorat Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi dan PNS di lingkungan DPMPTSP.

Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar mengatakan penandatanganban fakta integritas ini sebagai langka awal untuk pencegahan praktek pungutan liar di lingkungan pemerintahan Kabupaten Tangerang terutama dinas yang menangani pelayanan langsung dengan masyarakat.

Penandatangani fakta Integritas  ini akan dilakukan di tiap dinas pelayanan,  hari ini di mulai dari DPMPTSP. Selanjutnya akan diikuti seperti Dinas Pendidikan, Dinas Catatan Sipil, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Kesehatan sampai kecamatan. 

"Kamarin kita sudah bentuk Satuan Tugas Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Daerah. Saber pungli ini bukan hanya untuk pencegahan tapi juga untuk pembinaan dalam pemberantasan pungututan liar. Ini sudah menjadi komitmen kita bersama dalam menangani pungli," kata Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar

Ia nengaku sedih bila melihat ada aparatur yang berhubugan dengan hukum. Karena itu dihimbau kepada aparatur negara untuk bekerja sesuai aturan jangan ada lagi pungli. Fakta Integritas ini salah satu pencegahan.

Masih menurut Zaki, saat ini sedang mempertimbangkan menaikan tunjangan penambahan penghasilan pada anggaran perubahan tahun 2017. Ini semua untuk memberikan reward kepada PNS atau penghargaan. Tapi kenaikan tunjangan ini harus di tunjang dengan kinerja.

Karena itu, Zaki berharap agar proses perizinan dari loket kalau ada yang kurang langsung di hubungi pemohong baik lewat surat atau komunikasi langsung agar pemohon tidak menunggu lama pengajuan proses perizinan. 

Mudahan DPMPTSP di pasang books untuk mengetahui kepuasan pelayanan.  semua pelayanan harus ada koin, untuk mengetahui kepuasan. Survei pelanggan ini untuk melihat bagai mana masyarakat bisa menghargai kinerja kita.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Tangerang Nono Sudarno mengatakan pertemuan ini merupakan keinginan kita menyikapi kebijaksn pemerintah pusat, ada perubahan struktur organisasi.  Terkait pelayanan satu pintu ada regulasi yang mengikat sesuai Perpres Nomor 97 tahun 2014 tentang...

Ia berharap penandatangan fakta integritas ini sebagai komitmen bersama dalam pencegahan pemberantasan pungli. Mari kita bersikap transparan, jujur, onjektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas.

Asisten Bidang Administrasi Umum H Yani Sutisna Mengatakan sebelumnya  DPMPTSP merupakan  badan pelayanaan, karena itu harus ada perubahan visi misi. Bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. 

Bagaimana caranya harus ada peningkatan pelayanan melalui fakta integritas. Kualitas ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia harus diikuti sehingga kualitas pelayanan harus didukung oleh dua faktor tersebut.

PNS mental harus dikuatkan karena
Sekarang jamsn keterbukaan informasi,  ada saber pungli daerah. Untuk itu harus didukung mental satu pintu pelayanan.

Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun Tahun 2010 tentang
Kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil ada larangan PNS untuk menerima pemberian atau hadiah baik secara langsung atau tidak langsung.

Kepala Inspektorat Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi SH, mengatakan fakta integritas merupakan pencegahan dari awal,  untuk berperan secara aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan KKN serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.

Tidak menerima atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap atau hadiah atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dedi berharap dari penanda tanganan fakta integritas ini ada tiga hal yang dodapat, petama ada informasi, motifasi, solusi yang harus di pecahkan.  Karena itu bagi aparatur sipil negara untuk bekerja sesuai aturan.(*).


Bagikan artikel ini