SBH Efektif Bantu Kegiatan Puskesmas Pasirnangka

TIGARAKSA – Puskesmas Pasirnangka di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, menggelar pembinaan Anggota Pramuka dalam Saka Bakti Husada (SBH) yang nantinya bisa bertugas membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Pembinaan yang diberikan dimulai dari bina kesehatan lingkungan, bina kesehatan keluarga, penanggulangan penyakit, bina gizi, bina obat, sampai penerapan Pola hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Nurul Yunati, Pembina SBH pada Puskesmas Pasirnangka, Jumat (16/3/2018), mengutarakan hasil pembinaan pramuka yang dilakukan di pekan kedua di setiap bulannya itu kini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Di antaranya para pramuka tergabung SBH itu membantu pelaksanaan pemeriksaan jentik nyamuk di beberapa wilayah sebagai upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN). “Selain itu, beberapa anggota SBH pun telah pula dilibatkan dalam membantu kegiatan pelayanan di puskesmas, dari mulai pendaftaran,  membantu pelayanan di poli-poli, dan lainnya.”

Diakui Nurul Yunati, pihak puskesmas bersyukur dengan terbentuknya kader kesehatan remaja yang tergolong dalam SBH. Mereka bisa menjadi generasi penerus pelayanan kesehatan masyarakat yang telah mendapat pembinaan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pembentukan SBH, paparnya, memang bertujuan mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar mereka.

“Dengan keberadaan para SBH, kami para petugas puskesmas menjadi terbantu dalam menjalankan kegiatan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat dan menjalankan kegiatan lainnya di masyarakat,” papar Nurul Yunati.

SBH di Puskesmas Pasirnangka berjumlah 30 orang. Masing-masing SBB mempunyai tugasnya masing-masing, di antaranya membantu kegiatan pelayanan puskesmas, membantu melakukan pembinaan penanaman toga, membantu sosialisasi pembinaan kesehatan kepada anggota pramuka di tingkat SD, termasuk membantu pembinaan kesehatan lingkungan masyarakat dan kegiatan sosial lainnya.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini