Dinsos Kunjungi Nenek Sukinah yang Sempat Viral di Media Sosial

TANJUNG BURUNG - Nenek Sukinah (90) menyambut hangat saat pewakilan Dinas Sosial Kabupaten Tangerang menyambangi rumahnya, Senin (5/4/2021). 

Kedatangan Dinsos Kabupaten Tangerang yang diwakili Kasi Kesejahteraan Sosial Lansia dan Anak Ma'ruful Kahpi merespon cerita Sukinah yang sempat viral di media sosial.

"Terima kasih sudah datang," ucap Sukinah lirih.

Maru'ful menggali cerita sekaligus memverifikasi administrasi kependudukan Sukinah. 

Dari percakapan hangat yang terbangun didapatkan bahwa lansia yang berusia 90 tahun tersebut kini hidup sebatang kara. Suami Sukinah sudah meninggal pada tahun lalu.

https://www.instagram.com/tv/CNUGkKJArw6/?utm_source=ig_web_copy_link

Sukinah yang memiliki KTP dengan alamat di Desa Tanjung Burung tersebut juga sudah mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah, yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

BPNT merupakan bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik. Bantuan tersebut hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH atau pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank HIMBARA, seperti BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

"Kami juga memeriksa KK yang dimiliki Emak Sukinah belum diupdate, oleh karena itu kami berinisiatif untuk membantu memperbarui KK Emak Sukinah dengan bantuan TKSK Kecamatan Teluk Naga," katanya.

Tetap tinggal di Tanjung Burung

Dinsos Kabupaten Tangerang menawarkan Sukinah untuk tinggal di UPT Rehabilitasi PMKS di Jayanti. Namun, Sukinah menolak, karena lebih nyaman untuk tinggal di Desa Tanjung Burung. 

Adapun tempatnya saat ini milik Aisah (49), tetangga Sukinah. Aisah juga memberikan Sukinah makanan sebanyak tiga kali sehari.

"Dari warga juga turut membantu Nenek Sukinah selama ini," kata Aisah.

Oleh karena itu, Dinsos Kabupaten Tangerang turut mengucapkan terima kasih karena warga sekitar turut berperan serta membantu Sukinah. [KAHFI]


Bagikan artikel ini