KOMISI XI DPR RI KUNJUNGI KAB. TANGERANG

TIGARAKSA - Pemerintah Kabupaten Tangerang menerima kunjungan kerja Komisi XI DPR RI, BPK, BPKP, dan Kementrian Keuangan, penerimaan kunjungan tersebut dilakukan Ruang Rapat Wareng Gedung Sekretariat Daerah Kab. Tangerang. Kamis, (22/3/18).

Sekretaris Daerah H. Moch. Maesyal Rasyid mengungkapkan kunjungan Komisi XI DPR RI tersebut dalam rangka membahas dan untuk melihat lebih dekat kandala dan penyaluran dana desa khususnya di kab. tangerang ini. Selain itu juga ingin mendengarkan langkah-langkah dan pengawalan dan pengawasa serta penyaluran dana desa.

Sekda menambahkan, keberadaan dana desa sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Dia menjelaskan, dana desa itu digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. "Kami mengucapkan terima kasih kepada DPR RI yang telah melakukan kunjungan kerja terkait dana desa ke wilayah kami, hal ini merupakan sebuah motivasi kepada para kepala desa Se-Kabupaten Tangerang," Ucapnya.

H. Supriyatno selaku pimpinan Rombongan kunjungan Komisi XI mengatakan Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah kabupaten/kota dan  digunakan  untuk  membiayai  penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan. Fokus penting dari penyaluran dana ini lebih terkait pada implementasi pengalokasian Dana Desa agar bisa sesempurna gagasan para inisiatornya. Skenario awal Dana Desa ini diberikan dengan mengganti program pemerintah yang dulunya disebut PNPM, namun dengan berlakunya Dana Desa ini, dapat menutup kesempatan beberapa pihak asing untuk menyalurkan dana ke daerah di  Indonesia  dengan  program-program  yang  sebenarnya  juga  dapat  menjadi  pemicu pembangunan daerah.

Adapun maksud dan tujuan kunjungan ini adalah merupakan kunjungan untuk melihat lebih dekat dalam permasalahan ataupun kendala tentang dana desa di setiap-setiap daerah. "Kami berharap dengan kedatangan kami, bisa mendengar kendala, keluh kesah ataupun masalah terkait dana desa, agar kami dapat memberikan bimbingan, pembinaan dan membantu agar dapat melaksanakan pembangunan ataupun penyaluran sarana dan prasarana perangkat desa," Harapnya. (her/vic-infokom).


Bagikan artikel ini