Dinkes Dampingi Loka POM Pantau Keamanan Pangan Masyarakat

MENJAGA keamanan pangan masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mendampingi Petugas Loka POM Kabupaten Tangerang yang menggelatr pemantauan hal itu di Pasar Legok.

Kegiatan dilaksanakan Kamis (5/12/2019) ini memang untuk memantau keamanan pangan dari produksi-produksi makanan olahan yang dinilai masih kurang mendapat perhatian masyarakat.

Adapun item-item yang diperiksa petugas dimulai dari kemasan produksi, masa kadaluarsanya, nomor izin produksi, nomor izin edar, sampai kandungan bahan-bahan produksinya.

Desi Tirtawati S.Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan pada Pangan Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menjelaskan dalam pengawasan bersama ini masih ditemukan banyak produsen nakal yang menggunakan bahan produksi dilarang.

“Semisal menggunakan Formalin, Boraks, Metanyl Yellow, dan Rhodamin,” katanya.

Dari hasil pengujian cepat pada 23 produksi pangan, tercatat positif mengandung Rhodamin B pada produk pangan olahan Terasi Merah. Selain itu juga ditemukan produksi Bakso dengan Izin PIRT Kabupaten Tangerang memakai nomor lama.

“Hal seperti ini seharusnya para produsen dan pedagang bisa memperhatikan dan jangan melanggarnya, karena bisa membahayakan kesehatan konsumen,” cetus Desi Tirtawati S.Farm Apt.

follow instagram resmi dinas kesehatan kabupaten tangerang https://www.instagram.com/officialdinkes/


Bagikan artikel ini