Puskesmas Legok Berrencana Bangun 200 JSK Kembali

LEGOK – Usai membangun 25 jamban sehat keluarga (JSK) di wilayah Kelurahan Babakan bersama TNI, kini Puskesmas Legok membuat terobosan dengan siap membangun JSK kembali di 5 wilayah binaannya.

Kelima wilayah binaan yang disasar itu adalah wilayah Desa Palasari, Desa Serdang Wetan, Desa Rancagong, Desa Legok dan wilayah Kelurahan Babakan. Jumlah yang akan dibangun sebanyak 200 JSK.

“Tujuannya agar masyarakat tidak lagi

Buang Air Besar (BAB) di kebon,” ungkap Eem Magfiroh SKM, Pemegang Program Kesling pada Puskesmas Legok, Rabu (18/1/2017).

Diutarakan masih banyak warga di wilayah-wilayah ini yang belum memiliki jamban keluarga. Oleh karena itu dengan adanya program pemerintah dalam pembangunan JSK maka akan sangat membantu pengadaannya.

Bila di tahun 2016 difokuskan di wilayah Kelurahan Babakan, tahun ini diajukan proposal agar dapat membantu pembangunan JSK di tiap desa binaan. Sebab ketersediaan jamban di tiap rumah akan mampu mengurangi jangkitan penyakit terkait sanitasi lingkungan.

Ni Luh Eva Siswanti, Kasubbag TU Puskesmas Legok, menambahkan selama ini para petugas rajin memberikan pembinaan kesehatan lingkungan kepada masyarakat. Dengan adanya program pembangunan JSK dari pemerintah ini, diharapkan masyarakat mau memanfaatkannya.

Mudah-mudahan, harapnya, dengan telah selesainya pmbangunan 25 JSK di Babakan akan memotivasi warga lainnya untuk bersedia rumahnya dibangunkan JSK yang biayanya ditanggung pemerintah.

Dengan di setiap rumah warga memiliki jamban, maka lingkungan rumah dan permukiman warga akan menjadi bersih, tidak tercemar, dan akan mampu menurunkan jangkitan penyakit disebabkan ketidakbersihan lingkungan.


Bagikan artikel ini