Puskesmas Tigaraksa Tanggap Tangani Kasus DBD

TIGARAKSA – Sikap tanggap diperlihatkan Tim Kesehatan Puskesmas Tigaraksa dalam menangani kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menimpah seorang warga di RT 002/003 Kelurahan Kaduagung, Kecamatan Tigaraksa.

Petugas setelah mendapat laporan adanya seorang warga terkena DBD, segera meluncur ke lokasi. Sikap tanggap ini dilakukan sesuai perintah Kepala Puskesmas Tigaraksa, Sabtu (19/1/2019).

Petugas segera memeriksa dan pengobatan pasien DBD yang dilaporkan. Sementara petugas lainnya  didampingi pengurus RT, kader kesehatan dan bidan desa, langsung melakukan pemeriksaan jentik nyamuk ke setiap rumah yang ada di sekitaran rumah pasien.

Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS, menjelaskan sikap tanggap petugasnya sesuai prosedur yang harus dilakukan dengan tujuan jangan sampai kasus DBD yang ditemukan menjalar di wilayah lainnya.

“Untuk itu dengan adanya seorang pasien yang dinyatakan positif DBD, maka kita tidak menunggu waktu lagi, langsung ke lokasi melakukan PE (penyelidikan epidemiologi, red),” katanya.

Mengingat saat ini sudah masuk musim hujan, sebagai musim yang memicu kembang-biak nyamuk Aedes Aegypti, penyebab DBD.

“Untuk itu diharapkan kepada seluruh masyarakat bisa kembali melakukan Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik, agar bisa menekan jangkitan penyakit DBD,” harap drg Hj Eko Hartati MARS.

Perlakuan ini, kata dia, bukan hanya harus dilakukan di wilayah Kelurahan Kaduagung saja, tetapi juga di desa-desa lainnya,” pungkasnya.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini