Puskesmas Pasir Jaya Beri Kepedulian Kesehatan Lansia

CIKUPA – Peduli kesehatan lansia menjadi sebaris kalimat tepat untuk menggambarkan ragam program pembinaan kesehatan lansia terbaik yang digulirkan Puskesmas Pasir Jaya di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Misalnya puskesmas ini secara rutin memprogram kunjungan ke 12 posbindu yang ada di wilayah binaannya, yaitu di wilayah Kelurahan Bunder, Desa Sukadamai, Desa Pasir Gadung, dan Desa Pasir Jaya.

Lalu diprogram pula kegiatan senam lansia secara rutin di setiap Jumat pekan kedua di setiap bulannya di aula puskesmas yang bekerja-sama dengan BPJS. Serta membuka Klinik Lansia di setiap Selasa.

Bidan Mariam, Pemegang Program Lansia pada Puskesmas Pasir Jaya, Selasa (17/7/2018), menjelaskan untuk pelayanan pembinaan kesehatan lansia di 12 posbindu telah dijadwal dengan kunjungan ke lokasi-lokasi posbindu di setiap bulannya.

Setiap posbindu sendiri maisng-masing mempunyai nama. Posbindu di wilayah Kelurahan Bunder terdapat 3 posbindu, yaitu Posbindu Melati 1, Posbindu Melati 2 dan Posbindu Kenanga. Di Desa Sukadamai juga terdapat 3 posbindu, yaitu Posbindu Flamboyan, Posbindu Rembulan dan Posbindu Anggrek.

Di Desa Pasir Gadung terdapat 3 posbindu, yaitu Posbindu Melati, Posbindu Mawar dan Posbindu Anggrek. Di Desa Pasir Jaya terdapat 3 posbindu, yaitu Posbindu Melati 1, Posbindu Melati 2 dan Posbindu Dahlia.

“Sedangkan untuk kelompok senam prolanis diberi nama Club Senam Prolanis Mawar,” papar Bidan Mariam.

Pelaksanaan semua program ini, ungkapnya, untuk memberikan kemudahan kepada para lansia mendapat layanan kesehatan yang berdampak pada pembinaan kesehatan lansia secara paripurna. Namun, diingatkan para lansia pun diharapkan mau menjaga kesehatannya dengan baik di antaranya dengan rutin berolahraga di setiap harinya, rajin datang ke posbindu  untuk mengecek kesehatan secara teratur, serta rutin memakan buah dan sayuran.

“Bila ketiga hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik,  diharapkan bisa mencegah penyakit yang bisa saja datang secara tiba-tiba, semisal stroke, serangan jantung, dan penyakit yang lainnya,” pungkas Bidan Mariam.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini