100 Pengurus PKK & Posyandu Ikuti Pelatihan SIP 2018

TANGERANG – Sebanyak 100 Pengurus TP PKK Kecamatan dan Kader Posyandu Kabupaten Tangerang mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Posyandu (SIP) tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2018.

Kegiatan digelar di Pendopo Kabupaten Tangerang, Jumat (9/3/2018), ini hasil kerjasama Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Tangerang dengan Pokja IV PKK Kabupaten Tangerang.

Hj Yani, Ketua Pokja IV TP PKK Kabupaten Tangerang, mengutarakan untuk tahun ini PKK dan dinas kesehatan memang tidak lagi mengadakan Lomba Posyandu di tiap-tiap wilayah, tetapi di tahun ini PKK dan dinkes akan mengambil posyandu terbaik dari hasil bina wilayah untuk diikutsertakan dalam lomba-lomba yang ada.

“Di sini yang akan dinilai bukan hanya posyandunya saja, tetapi juga lingkungan bersih dan sehat, lingkungan PHBS serta Kampung KB-nya,” paparnya.

Untuk itu, diharapkan para ketua  PKK kecamatan dapat melakukan pembinaan kepada semua posyandu di wilayahnya agar nantinya saat tim bina wilayah berkunjung ke posyandu yang ada, tim sudah bisa melihat posyandu dan kampung unggulan mana saja yang akan dinilai untuk bisa diunggulkan.

Sementara Hj Dwi Harti Nugraheni SKM MKM, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Tangerang, menginformasikan untuk tahun 2017 sudah terpilih Kampung PHBS di Perumahan Walet di wilayah Kecamatan Pasarkemis, Kampung LBS di Perumahan Kelapa Dua di Kecamatan Kelapa Dua, Kampung KB di Kecamatan Jambe, dan untuk Posyandu terpilih posyandu di wilayah Kecamatan Balaraja.

“Untuk tahun ini kami serahkan kepada para ketua PKK kecamatan melakukan pembinaan wilayahnya. Nanti Tim Gabungan Dinas Kesehatan dan TP PKK Kabupaten Tangerang melakukan penilaian setiap posyandu yang diunggulkan dari hasil pembinaan kecamatan,” kata Hj Dwi Harti Nugraheni.

Adapun syarat penilaiannya, yaitu setiap posyandu harus memiliki gedung sendiri dan adanya keterpaduan kegiatan setiap posyandu secara terintegrasi dengan kegiatan BKB, BKL, BKR serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Terkait itu, harap Hj Dwi Harti Nugraheni, keberadaan gedung posyandunya pun bukan hanya dijadikan sebagai lokasi kegiatan rutin saja, tetapi sebaiknya mempunyai kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa ditonjolkan.

Semisal untuk wilayah Keronjo yang notabene wilayah pantai, maka Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang bisa diundang untuk melakukan pembinaan di wilayah ini. Di antaranya pembinaan tata-cara penangkapan ikan yang baik dan tata-cara mengolah ikan, serta kegiatan lainnya yang dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang ada diwilayah pantai tersebut.

Sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini