Posko Kesehatan di Balik Sukses Perayaan HUT 74 Kabupaten Tangerang

TIGARAKSA – Suksesnya rangkaian Perayaan HUT Ke-74 Kabupaten Tangerang di Ibukota Tigaraksa dan lokasi lainnya tak terlepas dari adanya peranan maksimal jajaran petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang tanggap siaga memberi pertolongan pertama bagi masyarakat.

Tim kesehatan membuka Posko Kesehatan di lokasi kegiatan perayaan, mulai kegiatan Gerak Jalan Kebangsaan di Citra Raya pada 17 Desember, Lari Marathon di wilayah Kecamatan Kemeri, Festival Al-Amjad 22-24 Desember yang digelar di Masjid Al-Amjad, Pegelaran Wayang Golek di Lapangan PWS Bugel Tigaraksa 26 Desember.

Kemudian, Lomba Mancing Mania di Danau Pemda di Tigaraksa, Festival Budaya,  Pameran Ekonomi Kreatif, Pameran Mobil Antik, Penampilan Artis Ibukota, yang berlangsung 27-29 Desember di depan Gedung DPRD Kabupaten Tangerang dan Gedung GSG, serta Malam Puncak Tangerang Gemilang pada 30 Desember di Lapangan Maulana Yudhanegara.

Ana, Koordinator Posko Kesehatan Dinkes Kabupaten Tangerang, menjelaskan dinkes melibatkan seluruh petugas puskesmas untuk siap-siaga memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan pada saat berlangsungnya setiap acara perayaan.

Misalnya pada acara marcing band terdapat anggota drum-band yang membutuhkan pertolongan pertama karena kelelahan. Lalu ada pula warga yang tercebur ke danau sehingga membutuhkan pertolongan. Ada pula warga yang terjatuh dari panggung pada acara festival budaya. Termasuk pemberian pertolongan pertama pada 3 warga di malam puncak yang mengalami sesak pernapasan karena kepadatan penonton.

“Semua warga yang mendapat pertolongan pertama itu ditolong di Posko Kesehatan Dinkes Kabupaten Tangerang, tanpa harus dilarikan ke rumah sakit,” papar Ana.

Ini semua didapat berkat kecepatan dan ketepatan petugas kesehatan yang memberi petolongan karena memang telah dipersiapkan. “Di posko pun telah disiapkan obat-obatan, peralatan kesehatan, dan ambulance yang selalu siap siaga selama kegiatan berlangsung,” pungkas Ana.


Bagikan artikel ini