PEMBINAAN PKK RANCAIYUH, TINGKATKAN PERAN PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN

Rancaiyuh -- Swara Prima (07/12/2017) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)  adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK terkenal akan 10 program pokok nya. Dalam rangka melalukan pembinaan desa melalui kaum Perempuan Tim Penggerak PKK Kecamatan Panongan Kamis, 07/12/2017, melakukan kunjungan ke Desa Rancaiyuh. Rombongan yang tiba di aula Desa di sambut Cukup meriah. Kegiatan pembinaan ini merupakan persiapan untuk menghadapi Binwil Kabupaten Tangerang. 

Tampak Hadir Sekcam Panongan, Kepala  UPT Puskesmas, Kepala Desa Ranca Iyuh, Ketua TP PKK Kecamatan beserta pengurus dan Ketua PKK Desa, Dini Lisniawati  Selaku TP PKK Kecamatan Panongan  dalam arahannya kepada Kader PKK Desa Rancaiyuh mengajak untuk senantiasa melakukan upaya meningkatkan pemberdayaan perempuan khususnya bagaimana peran kaum perempuan dalam menopang keluarga yang berdaya dan sejahtera.

Masih dalam sambutnya,  ia mengatakan bahwa bina wilayah yang dilakukan kali ini, bukan untuk meraih predikat juara. Akan tetapi yang terpenting bagaimana kaum perempuan memiliki peran strategis dalam pembangunan dan berbuat langkah nyata melakukan aktivitas bersama ditengah masyarakat. Dimulai dari hal yang kecil dan sederhana tapi manfaatnya banyak Acara dilakukan dengan pembinaan teknis dari mulai kunjungan ke lokasi yang dijadikan binaan baik rumah sehat.

Sementara dr.Farah Ka Upt Puskesmas dalam kesempatan ini menyampaikan akan mendorong program bina wilayah ini untuk dijadikan kegiatan yang memperhatikan penanganan kesehatan dalam pengarahannya. Penataan lingkungan yang sehat merupakan target dan sasaran utama  dari pihaknya yang dilakukan melalui pendataan dan kondisi yang ada. Kepala Desa Ranca Iyuh Suherman ketika menyambut rombongan Tim PKK Kecamatan Panongan meyampaikan harapan yang ingin didapat dari pembinaan ini. Agar kaum perempuan di wilayahnya lebih berdaya dan mempunyai peran sebagai penggerak kegiatan kemasyarakatan khususnya peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Ia saya menyambut baik pelaksanaan pembinaan yang dilakukakan ini, kaum perempuan penting peranannya dalam pembangunan”, ucapnya.

Dadang Sudrajat Sekcam Panongan yang hadir mewakili camat Panongan,  sebagai Pimpinan Rombongan dalam Kunjungan ini menuturkan bahwa kegitan ini ada karena ada Bapak Kades yang otomatis Ibu Kades ikut didalamnya. Artinya pelaksanaan kegiatan ini wajib didukung oleh Kepala Desa dengan Jajarannya secara total. Ia mengajak para  kaum ibu untuk bersinergi dengan pemerintahan baik di desa maupun kecamatan dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. Acara di lanjutkan pembinaan dasawisma, paud binaan, penataan Toga, administrasi PKK dan melihat rumah yang di jadikan lokasi binaan rumah sehat. (Redaksi Swara Prima)


Bagikan artikel ini