RAKOR BULANAN PIMPINAN KECAMATAN, SOSIALISASIKAN JARGON “SWARA PRIMA”

Swara Prima – Bertempat di Aula Kantor Pemerintahan Desa Peusar Kecamatan Panongan, Rakor Muspika dengan para Kades dan Lurah se-Kecamatan Panongan digelar. Rabu, 8 November 2017. Rakor ini merupakan kegiatan rutin Forum Pimpinan Kecamatan Panongan dalam rangka koordinasi untuk membahas berbagai hal.

Rakor kali ini digelar di Aula Kantor Desa Peusar, dihardiri oleh Camat Panongan, Kapolsek Panongan, Danramil Panongan, Kepala UPT, Kepala Puskesmas, Kepala KUA serta seluruh Kades dan Lurah se-Kecamatan Panongan. Pada rakor ini, disosialisasikan tentang Proyek Perubahan Optimalisasi Pengelolaan Informasi Publik yang digagas Sekcam Panongan, Dadang Sudrajat.

Kepala Desa Peusar, Iwan Setiawan, sangat mendukung proyek tersebut. Desa Peusar selama ini sudah memiliki website (red: peusar.info) namun masih belum optimal dalam pengelolaannya. Harapannya melalui website terpadu Kecamatan Panongan, kegiatan yang dilaksanakan di Desa Peusar bisa di ekspose juga di website kecamatan. Beberapa Kegiatan Desa Peusar yang telah dilaksanakan turut dipaparkan dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Camat Panongan, Prima Saras Puspa memaparkan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan sepanjang tahun 2017. Menurutnya kegiatan-kegiatan tersebut jika dipublikasikan dengan baik akan menjadi informasi yang positif bagi masyarakat. Dengan adanya pengelolaan informasi publik melalui website terpadu ini, diharapkan bisa menangkis berita-berita yang bersifat hoax.

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Inspektorat Kabupaten Tangerang mengenai pengelolaan dana Desa. Dilanjutkan dengan pemaparan dari Danramil dan Kapolsek mengenai penanganan kamtibmas. Mereka juga menekankan untuk memanfaatkan sebaik-baiknya media resmi dari Kabupaten Tangerang berupa website terpadu. Melalui media ini, masyarakat bisa turut berkontribusi dalam hal pemberitaan mengenai gangguan keamanan dan yang berkaitan dengan ketertiban masyarakat.

Di akhir acara, ditandatangani Piagam Dukungan untuk Proyek Perubahan Optimalisasi Pengelolaan Informasi Publik melalui jargon “Swara Prima”. Penandatanganan ini merupakan bentuk dukungan dari seluruh pimpinan dari mulai Muspika sampai ke tingkat Desa dan Kelurahan. Jargon Swara Prima memiliki kepanjangan “Setiap Warga Panongan adalah Sumber Informasi”.

Gagasan ini diluncurkan oleh Sekcam Panongan dalam rangka optimalisasi pengelolaan informasi dan publikasi. Target proyek perubahan ini adalah berupa pemberdayaan masyarakat dari semua elemen masyarakat agar berperan aktif dalam memberikan informasi. (Redaksi Swara Prima)


Bagikan artikel ini