117 JCH Ikuti Pemeriksaan Kesehatan & Kebugaran di Puskesmas Pasarkemis

TIGARAKSA – Sedikitnya 117 jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Tangerang mengikuti pemeriksaan kesehatan dan diajak mengikuti senam kebugaran di Puskesmas Pasarkemis.

Kegiatan diikuti dengan antusias para JCH digelar Sabtu (8/4/2017). Para peserta setelah mengikuti penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, selanjutnya diajak mengikuti senam kebugaran dan berlari kecil dengan jarak tempuh 1,6 km atau sama dengan 1 kali mengelilingi Ka’bah.

Toha SKM Msi, Kasi Surveilans Imunisasi dan Penanggulangan Krisis pada Bidang P2P di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menuturkan pelaksanaan kegitan tes kebugaran kepada para JCH bertujuan untuk menjaga kesehatan mereka agar tetap sehat dan bugar pada saat melaksanakan kegiatan haji.

“Ini dilakukan mengingat orang yang sehat belum tentu bugar, namun orang yang bugar sudah dapat dipastikan sehat,” ucapnya.

Sesuai agenda, kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan JCH ini dilakukan di 3 puskesmas, yaitu Puskesmas Kelapa Dua, Puskesmas Pasarkemis dan Puskesmas Kutabumi. Namun kegiatan di Puskesmas Kutabumi digabung di Puskesmas Pasarkemis.

Kepala Puskesmas Pasarkemis, dr Hj Salwah, menambahkan untuk kegiatan kebugaran para JCH dianjurkan mulai sekarang sudah melakukan kegiatan menjaga kesehatan dan menambah kebugaran tubuhnya setiap hari di rumahnya masing-masing, serupa yang dilakukan di puskesmas.

“Kegiatan lari-lari kecil atau berjalan cepat akan sangat membantu kesehatan dan kebugaran jemaah calon haji saat pelaksanaan ibadah haji nantinya. Pelaksanaan ibadah haji memerlukan kesehatan dan kebugaran tubuh agar pelaksanaan ibadahnya menjadi lebih fokus dan bernilai ibadah terbaik,” ucapnya.


Bagikan artikel ini