Puskesmas Sindang Jaya Juara I Lomba IVA Tes Provinsi Banten

TIGARAKSA – Puskesmas Sindang Jaya dengan Klinik JeLiTa (Jeli Deteksi Dini, Lihat Dengan IVA, Tangkis Kanker Serviks) yang dapat memberikan pelayanan IVA Tes dan CBE berperalatan krioterapi bagi masyarakat meraih gelar Juara I Lomba IVA Tes Provinsi Banten.

Hasil lomba yang digelar TP PKK Provinsi Banten ini, tentu saja menjadi kebanggaan dan menambah perbendaharaan prestasi yang telah diraih jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dalam memberi layanan kesehatan kepada masyarakat. 

Termasuk menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pembina di dinas kesehatan dan Keluarga Besar Puskesmas Sindang Jaya yang terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan masyarakat terkait penanganan kanker serviks.

Hj Dwi Harti Nugraheni SKM MKM, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Jumat (7/4/2017), menjelaskan Puskesmas Sindang Jaya memang telah menjadi puskesmas rujukan IVA Tes di Kabupaten Tangerang.

Di klinik puskesmas ini siap bekerja 2 dokter dan 2 bidan yang bersertifikat sebagai tenaga medis kanker serviks. Keempatnya telah mengikuti Pelatihan TOT Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara yang digelar YKI (Yayasan Kanker Indonesia) pada November 2015.

“Diharapkan prestasi ini akan memotivasi jajaran Puskesmas Sindang Jaya untuk bekerja lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan serta pembinaan kesehatan kepada masyarakat,” papar Dwi Harti Nugraheni.

Sementara dr Radianti Bulan M Tobing, Kepala Puskesmas Sindang Jaya, mengucapkan terima-kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung program Klinik JeLiTa.

Dengan ketersediaan klinik ini, diharapkan ke masa depan seluruh wanita usia subur (WUS) sampai tahun 2019 sudah pernah melakukan IVA Tes dan CBE. WUS yang berusia 30-50 tahun memang harus proaktif untuk melakukan IVA Tes dan CBE.

Dengan demikian, secara nyata klinik ini telah membantu menurunkan angka kejadian kasus kanker serviks di wilayah Kabupaten Tangerang, khususnya di wilayah Sindang Jaya.


Bagikan artikel ini