6 Puskesmas di Kabupaten Tangerang Lulus Akreditasi Puskesmas

TIGARAKSA – Sebanyak 6 puskesmas di Kabupaten Tangerang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan RI bersertifikat akreditasi karena puskesmas-puskesmas itu dinilai telah memenuhi syarat-syarat menjadi puskesmas bersertifikat akreditasi.
Keenam puskesmas yang telah dinyatakan lulus akreditasi di tahun 2016 itu adalah Puskesmas Jalan Kutai, Puskesmas Sepatan, Puskesmas Balaraja, Puskesmas Sindang Jaya, Puskesmas Kelapa Dua dan Puskesmas Rajeg. 

Puskesmas-puskesmas ini dinyatakan lulus Akreditasi Puskesmas dengan Strata Madya, ungkap Nur Qomariah, Koordinator Tim 3 Akreditasi Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Senin (6/3/2017).

Strata akreditasi puskesmas sesuai Peraturan Kemenkes RI No 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi, terdiri dari 4 strata, yaitu Strata Pratama, Strata Madya, Strata Mandiri, dan Strata Purnama. 

Status akreditasi sendiri dipengaruhi ketersediaan dan kelengkapan perbekalan kesehatan, sarana, dan prasarana yang mendukung pelayanan kesehatan di puskesmas.

Nur Qomariah menerangkan, sebenarnya Tim Akreditasi pada Dinkes Kabupaten Tangerang telah melakukan membina pada 12 puskesmas. Tetapi yang diajukan untuk mengikuti penilaian akreditasi di tahun 2016 baru 6 puskesmas dan berhasil mendapatkan sertifikat akreditasinya.

Sementara 6 puskesmas binaan lainnya yaitu Puskesmas Teluk Naga, Puskesmas Curug, Puskesmas Kronjo, Puskesmas Kuta Bumi, Puskesmas Cikupa dan Puskesmas Tigaraksa, akan diajukan di tahun 2017. 

Berbarengan dengan pengajuan 12 puskesmas lainnya untuk mendapat akreditasinya, yaitu Puskesmas Pagedangan, Puskesmas Pasirnangka, Puskesmas Jalan Emas, Puskesmas Kresek, Puskesmas Sukadiri, Puskesmas Suka Mulya, Puskesmas Suka Tani, Puskesmas Jayanti, Puskesmas Gembong, Puskesmas Kedaung Barat, Puskesmas Cisauk dan Puskesmas Bojong Nangka.

“Keduabelas puskesmas inipun telah mengikuti tahapan proses peraihan akreditasinya,” katanya. 
Nur Qomariah mengakui tekad meraih akreditas puskesmas-puskesmas berangkat dari komitmen para kepala puskesmas dengan para petugasnya untuk memberi pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Dari upaya tersebut, lalu mulai dilakukan pembinaan, perapihan administrasi, dan pemberkasan arsip. Diterapkan pula pelayanan kepada masyarakat harus dengan sapaan yang santun dan tersenyum. 

Hasil yang didapat, puskesmas-puskesmas di Kabupaten Tangerang kini menjadi lebih rapih, tertata, dan para pengunjung pun merasa lebih nyaman. Tegur-sapa antara petugas dengan pengunjung menciptakan jalinan hubungan komunikasi yang baik sehingga menciptakan pula kebersamaan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Bagikan artikel ini