KWT Dewi Hanum Desa Jambe Wakili Banten Lomba Pekarangan Pangan Lestari Tingkat Nasional

Tangerang,--Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Hanum Desa Daru Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang Wakili Provinsi Banten Lomba Pekarangan Pangan Lestari Tingkat Nasional Tahun 2020.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Dr. Aziz Gunawan, MM mengatakan lomba Pekarangan Pangan Lestari Tingkat Nasional telah dilaksanakan pada 22 September 2020, dalam hal ini KWT Dewi Hanum Desa Jambe wakili Provinsi Banten. 

Lomba ini dilaksanakan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, sejalan dengan kegiatan yang mendukung visi misi Bupati Tangerang yaitu Desa Mantap/Desa Mandiri Pangan.

Tujuan kegiatan ini selain untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara berbudidaya hortikultura dan tanaman toga, juga dapat merubah sudut pandang masyarakat mengenai pekarangan.

"Pekarangan yang selama ini tidak dirawat dan tidak dapat menghasilkan benefit sekarang mereka tau dan merasakan manfaat dari pekarangan rumahnya, sekarang mereka mengetahui manfaat dari sebuah pekarangan," ucap Kadis Pertanian Aziz Gunawan.

Ada beberapa manfaat pekarangan sebagai :

1. Warung Hidup : meraka dapat menanam sayuran dan buah-buah han sehingga dari hasil berbudidayanya, mereka dapat melakukan jual beli langsung di pekarangan rumahnya.

2. Apotik Hidup : menanam tanaman Obat Keluarga yg Herbal di pekarangan rumahnya seperti jahe, kunyit, tanaman sirih dst. 

4. Lumbung keluarga : dengan menanan tanaman seperti ubi kayu, ubi jalar dan jagung di rumahnya apa bila dimusim paceklik mrk dapat mengkonsumsi tanaman tsb sebagai pengganti beras.

5. Bank Hidup : memanfaatkan pekarangannya dengan tanaman sayuran banyak tetangga yg ikut membeli hasil budidayanya dengan demikian akan menambah penghasilan keluarga dari hasil budidaya dipekarang. 

Hal senada juga disampaikan oleh Nano Kusnendar Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang menambahkan lomba ketahanan Pangan Lestari merupakan sejalan dengan program unggulan Desa Mantap /Desa Mandiri Pangan Kabupaten Tangerang.

Menurut Nano, berbudidaya di pekarangan dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga, ibu rumah tangga tidak sulit lagi untuk mendapatkan sumber gizi yang baik, sayuran dan buah merupakan sumber vitamin, mineral, zat besi, asam folat dan kalsium yang sangat baik untuk tubuh.

"Akibat kekurangan mengkonsumsi buah dan sayur dapat menyebabkan penyakit degeneratif, terutama kardiovaskuler, kanker, hipertensi dan obesitas," jelasnya.

Harapan kami dengan kegiatan ini selain dapat masyarakat Kabupaten Tangerang sehat, dapat menambah penghasilan kelurga jg dapat meningkatkan pola konsumsi pangan masyarakat yg baik dan nilai Pola Pangan Harapan Kabupaten Tangerang.

"Ini juga merupakan dorongam dan dukungan penuh kadis prtanian Dr. Aziz Gunawan,MM sebagai upaya membangun ketahanan pangan masyarakat, ujar Fetty Ratu. Kasubid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang.

(IKP/Diskominfo Kabupaten Tangerang).


Bagikan artikel ini