Pemkab Tangerang Proyeksikan Rp. 4.96 Triliun Pada APBD TA. 2021

Tangerang,--Pemerintah Kabupaten Tangerang Proyeksikan Rp. 4.96 Triliun pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021.

Proyeksi tersebut bersumber dari pendapatan:
1. Pendapatan Asli Daerah sebesar 2,12 Triliun Rupiah.
2. Dana Perimbangan sebesar 1,68 Triliun Rupiah.
3. Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah sebesar 1,14 Triliun Rupiah.

Bupati Tangerang Ahned Zaki Iskandar mengatakan bahwa jumlah pendapatan tersebut direncanakan untuk membiayai belanja sebagai berikut, Belanja Tidak Langsung sebesar 2,34 triliun rupiah, Belanja Langsung sebesar 2,91 triliun rupiah.

"Besaran target pendapatan dan kebutuhan belanja daerah tersebut, PPAS tahun 2021 mengalami defisit anggaran sebesar 300 miliar rupiah,"Ujar Bupati Tangerang, Kamis (17/9/20).

Masih penjelasan Bupati Tangerang pada acara Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang tentang Penyampaian KUA dan PPAS, APBD TA. 2021 pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Tangerang bahwa Anggaran Defisit tersebut dibiayai dari Penerimaan pembiayaan yang bersumber dari SILPA sebesar 300 miliar rupiah.

Penyusunan KUA dan PPAS Tahun 2021 merupakan bagian dari siklus pengelolaan keuangan daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 89 ayat 1 dijelaskan bahwa Kepala Daerah menyusun rancangan KUA berdasarkan RKPD dan Pedoman Penyusunan APBD TA. 2021 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020.

"Rancangan KUA APBD Kabupaten Tangerang Tahun 2021 terdiri dari kondisi ekonomi makro daerah, asumsi penyusunan APBD, Kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan dan strategi dalam pencapaiannya" ucapnya

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, H. Kholid Ismail mengatakan, setelah Bupati menyampaikan Penjelasan tentang Rancangan KUA dan PPAS APBD Tahun 2021 ini, DPRD senantiasa mendukung penuh demi terwujudnya Tangerang yang semakin Gemilang

"Semoga semua ini berjalan dengan lancar dan bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tangerang lagi" harapnya.

(Bidang IKP Diskominfo Kab Tangerang)


Bagikan artikel ini