Cegah Penyebaran Corona, MUI Kabupaten Tangerang Imbau Masyarakat Solat Dirumah

Tigaraksa -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang mengeluarkan Surat Imbauan Pencegahan Penyebaran Virus Corona di kalangan umat Islam Kabupaten Tangerang.

KH. Ues Nawawi selaku Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Tangerang mengatakan agar tidak melakukan sholat atau ibadah sholat Jum'at di masjid atau ibadah solat fardu lainnya. Itu merupakan bagian dengan ikhtiar pencegahan virus corona (COVID-19).

Menurut Ues, Berdasarkan pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat No. 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19 dan hasil rapat koordinasi dengan institusi yang berkompeten, serta Imbauan Bupati Tangerang.

MUI Kab. Tangerang mengeluarkan Surat Edaran, dalam edaran tersebut MUI mengimbau masyarakat pada hari Jum'at lalu tanggal 25 Rajab 1441 H. / 20 Maret 2020 M, mengingat penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Tangerang kian meluas dan indikasi kemudharatannya semakin terlihat.

"Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang kembali menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya umat Islam di Kabupaten," katanya.

Ues melanjutkan, Adapun isi imbauan untuk masyarakat Kab. Tangerang yaitu :

  1. Meningkatkan kesiagaan terhadap kemungkinan meluasnya penyebaran COVID-19, dengan mengikuti anjuran dan arahan instansi yang berwenang.
  2. Membatasi dan atau menunda kegiatan-kegiatan peribadatan yang berpotensi menimbulkan penyebaran COVID-19. Termasuk tidak melakukan shalat Jum'at di masjid-masjid jami dan diganti dengan shalat Dzuhur di rumah masing-masing sampai dinyatakan kondusif atau penyebaran COVID-19 terkendali.
  3. Meningkatkan ibadah, memperbanyak doa dan istighfar, membaca Qunut Nazilah dalam setiap shalat fardhu, khusus do'a tolak bala wabah virus Corona (COVID-19).

"Demikian imbauan rersebut disampaikan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tangerang, dengan imbauan ini diharapkan juga masyarakat bisa memahami dan mengerti kondisi saat ini," Kata KH. Ues. (Herly/Bidang IKP Diskominfo Kab. Tangerang)


Bagikan artikel ini