Gubernur Banten Pimpin Rakor Bersama Kepala Daerah Tangerang Raya Terkait Penanganan Covid-19

TANGERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah Kepala Daerah Tangerang Raya pada hari Minggu lalu (15/3/2020). 

Acara dilaksanakan di Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Kisamaun Nomor 1, Pasar Lama Kota Tangerang. Rapat digelar dari pukul 13.00 WIB - 15.00 WIB.

Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, Bupati Tangerang A Zaki Iskandar, Wali Kota Tangerang Arif R Wismansyah, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani, Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli.

Selain itu hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Khalid Ismail, Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang ada di Tangerang Raya dan Kepala OPD terkait di Kabupaten Tangerang. 

Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan terkait penanganan penyebaran virus corona yang sudah melanda wilayah Banten perlu bersama-sama menanganinya, untuk pencegahan 
kita akan membahas bersama dengan pimpinan kepala daerah yang ada di wilayah Tangerang Raya.

" Kita perlu langkah strategis penanganan penyebaran virus corona di wilayah Banten. Pemerintah pusat dan daerah harus sama-sama mencegah virus corona, kata Wahidin Halim

Wahidin Halim melanjutkan, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran himbauan antisipasi penyebaran Covid-19 melalui Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep.114-Huk/2020 tanggal 14 Maret 2020 tentang Penetapan Kejadian Luar Biasa Corona (COVID-19) di wilayah Provinsi Banten.

"Kami harap para pimpinan daerah yang ada di wilayah Banten terutama Tangerang Raya, karena Tangerang wilayah yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta yang sudah umumkan Kejadian Luar Biasa Corona," harap Wahidin Halim

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan terkait langkah pemerintah Kabupaten Tangerang dalam tangani penyebaran Covid 19 akan mengeluarkan surat edaran menindak lanjuti Surat Edaran dari Gubernur Banten Wahidin Halim.

"Pemkab Tangerang akan tindak lanjuti Surat Edaran Gubernur Banten terkait kejadian luar biasa Covid 19. Gubernur Banten sudah menetapkan KLB," kata Zaki 

Lanjut Zaki, Untuk pencegahan penyebaran virus corona kita akan memberikan sosialisasi kepada pegawai, keluarga dan masyarakat di lingkungan masing-masing tentang gejala, tanda dan cara pencegahan penularan infeksi COVID-19

Selain itu, menghimbau untuk meliburkan aktifitas pendidikan di semua level tingkatan (PAUD/TK/RA/SD/MI/SMP/MTs) dan PKBM/Lembaga Kursus lainnya di wilayah Kabupaten Tangerang selama 2 minggu sejak tanggal 16 s/d 30 Maret 2020.

Penutupan tempat-tempat hiburan dan tempat wisata di wilayah Kabupaten Tangerang selama 2 minggu sejak tanggal 16 s/d 30 Maret 2020. Penundaan acara-acara publik dan pembatasan jam operasional tempat-tempat keramaian seperti restauran, cafe, karaoke dan lainnya

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani menyampaikan Pemkot Tangerang Selatan dalam penanganan penyebaran Covid 19 sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar cuci tangan menggunakan sabun dan pake masker bagi yang sakit.

"Kita sudah sosialisasi kepada masyarakat melalui camat, lurah, Rw dan Rt cara mengatasi corona sesuai yang di anjurkan pemerintah pusat," kata Airin yang mengenakan hijab

Airin lanjutkan, terkait rujukan penanganan Covid 19 Pemkot Tangsel sudah menunjuk lima rumah sakit untuk rujukan yaitu dua di wilayah Tangsel dan tiga di wilayah DKI Jakarta. Ditunjuk nya tiga RS yabg masuk wilayah Jakarta tersebut karena lokasinya berdekatan dengan Tangsel. 

Sementara Wali Kota Tangerang Arif R Wismansyah mengatakan sesuai surat edaran Gubernur Banten tentang KLB Covid 19, Pemkot Tangerang juga akan mengeluarkan surat edaran pencegahan penyebaran Covid 19.

"Kita sudah lakukan sosialisasi ke masyarakat dan perangkat daerah untuk pencegahan Covid 19 sejak tanggal 3 Maret 2020," ucap Arif

Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni menambahkan anggota DPRD Provinsi Banten sangat mendukung upaya yang di lakukan Gubernur Banten untuk pencegahan dan penanganan Covid 19 di wilayah Banten.

"Kita dukung upaya yang sudah di lakukan Gubernur Banten dalam penanganan dan pencegahan Covid 19," ujar Andra Soni

Usai Rakor penanganan pencegahan Covid 19, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Tangerang A Zaki Iskandar, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diani dan Wakil Kota Tangerang Arif RW dan pejabat Firkopimda menemui wartawan yang berada di depan Pendopo Bupati Tangerang untuk konferensi Pers hasil pertemuan tersebut. (Abdul Munir Kabid IKP Diskominfo Kabupaten Tangerang)


Bagikan artikel ini