Diskominfo Kabupaten Tangerang Gelar Rapat Koordinasi Bidang Statistik Sektoral

Tigaraksa -- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Koordinasi Bidang Statistik Sektoral yang bertempat di Ruang Rapat Wareng, Gedung Bupati Tangerang, Rabu (11/03/2020).

Rapat koordinasi statistik sektoral membahas penyelarasan data pada penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Tangerang. Acara tersebut dihadiri oleh BPS Provinsi Banten, BPS Kabupaten Tangerang, dan perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Asisten Bidang Administrasi Umum Kabupaten Tangerang, Yani Sutisna mengatakan, Pemerintah Daerah punya kepentingan mengumpulkan satu data dalam rangka mendukung penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Tangerang yang tertata dengan baik.

"OPD mengirimkan data ke Kominfo untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Tangerang dan menyelaraskannya agar nanti ke depan tidak salah data." Ujar Yani

Masih kata Yani, Statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Tini Wartini mengatakan, Dinas Kominfo menghimpun dan mengolah data menjadi satu pintu sehingga mewujudkan Tangerang satu data

"Kominfo menjadi pusat data di kabupaten secara sektoral dan juga menghimpun data dari BPS sebagai penyedia data dan menyesuaikan kebutuhan di lingkup pemerintah Kabupaten Tangerang." 

Kepala Seksi Diseminasi dan Layanan Statistik BPS Provinsi Banten, Nur'izzah Inayati mengatakan, kebijakan Satu Data Indonesia baik diterapkan oleh pemerintah untuk mendapatkan data yang akurat, mutakhir, terpadu serta mudah diakses. Penyelenggaraan Satu Data Indonesia dimulai dari perencanaan data, pengumpulan data, pemeriksaan data, dan penyebarluasan data.

"Jadi data yang disampaikan atau dilaporkan memiliki kesamaan sehingga mendapatkan data berkualitas." Ucap Nur'izzah.

Kepala BPS Kabupaten Tangerang, Faizin mengatakan, pengumpulan data ini sangat penting karena merupakan kebutuhan dan memudahkan pendataan.

"Jadi BPS tidak perlu lagi meminta data ke masing-masing OPD cukup mengambil dari Kominfo." Ucap Faizin.

Kasubid Lembaga Penunjang Pemerintahan Bappeda, Akhmad Farhan mengatakan, pembangunan dimulai dari data berkualitas sehingga menghasilkan pembangunan berkualitas dan hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan di mulai dari data, dan data yang valid merupakan kunci dari kesuksesan pembangunan." Ujar Farhan.(Riyan/Diskominfo Kabupaten Tangerang).


Bagikan artikel ini