Rakor DMI Provinsi Banten Menghasilkan Rumusan Penuh Manfaat 5 Program Tahun 2020

Banten -- Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Banten menggelar rapat penyelarasan program DMI Provinsi dengan program Gubernur Banten terkait keagamaan yang bertempat di Sekretariat lantai 1, Masjid Raya Al Banteni Provinsi Banten, Serang, Rabu (04/3/2020).

Rapat dipimpin Ketua PW DMI Provinsi Banten, Drs. H. Rasna Dahlan, M.Ag dan diikuti oleh semua jajaran pimpinan dan ketua-ketua biro yang telah dilantik oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat DMI, H. Yusuf Kalla pada tanggal 26 Februari 2020 lalu di Pendopo Gubernur Banten.

Ketua PW DMI Provinsi Banten, Drs. H. Rasna Dahlan, M.Ag menjelaskan dari 10 program utama dewan pengurus pusat DMI, diputuskan ada 5 program yang direncanakan berjalan tahun 2020 yang meliputi pemberdayaan ekonomi berbasis masjid, program masjid bersih dan sehat, program sertifikasi tanah wakaf masjid, manajemen kemasjidan, dan program pendidikan dan dakwah.

"Dari 5 program tersebut akan direalisasikan melalui kegiatan-kegiatan nyata dan diharapkan langsung memberi manfaat dan dirasakan bagi masyarakat di wilayah Provinsi Banten," kata Rasna Dahlan.

Lebih lanjut, H Rasna Dahlan yang pernah berdinas di Kantor Agama Kabupaten Tangerang ini mengatakan bahwa beberapa kegiatan yang akan dijalankan untuk mendukung program-program DMI tersebut adalah pelatihan manajemen masjid, pelatihan kewirausahaan pemuda dan remaja masjid, pemulsaran jenazah, hingga sosialisasi pembuatan IMB dan sertifikat masjid.

Ia berharap, program yang direncanakan juga didukung oleh pemerintah daerah, dalam hal ini Gubernur dan tentunya masyarakat sebagai pengguna dan pengelola masjid di lingkungannya.

"Dukungan yang dimaksud bukan semata biaya, tetapi kerjasama dan dukungan dalam mensukseskan program-program tersebut," kata Rasna Dahlan. (Bidang IKP Diskominfo Kabupaten Tangerang)


Bagikan artikel ini