SOSIALISASI PEMBENTUKAN DESA/KELURAHAN TANGGUH BENCANA KABUPATEN TANGERANG

Tigaraksa -- Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyied membuka Sosialisasi Pembentukan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2020 yang diselenggarakan di Ruang Rapat Parakan, Gedung Pekerjaan Umum Kabupaten Tangerang, Selasa (11/02/20).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyied mengatakan, dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini Saya berpesan agar dapat diikuti dengan sebaik mungkin bagi para peserta agar penanganan bencana di Kabupaten Tangerang lebih sigap, tanggap, cepat, dan tepat sasaran.

"Semoga dengan terselenggaranya sosialisasi ini dapat mengoptimalisasi kita guna mengatasi bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Tangerang" ucap Sekda.

Bambang Sapto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang mengatakan, Desa/kelurahan tangguh bencana merupakan salah satu perwujudan dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari bencana-bencana di Kabupaten Tangerang.

Lanjut Bambang, ini tentunya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan bahwa kebencanaan adalah salah satu sub urusan pemerintahan wajib dalam pelayanan dasar pada ketertiban umum urusan ketentraman perlindungan masyarakat. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 40 Kepala Desa, 6 Lurah, dan 14 Kasi Trantib dari 14 Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mengurangi risiko bencana dalam rangka mengurangi ancaman dan kerentanan serta meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana melalui penyusunan rencana aksi pengurangan risiko bencana, baik di tingkat pusat maupun daerah, bahkan sampai di tingkat desa/kelurahan" kata Bambang Sapto. (Red/Diskominfo)


Bagikan artikel ini