Spageti Tuna, Upaya Diversifikasi Olahan Perikanan

Tingkat konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Tangerang pada 2019 adalah 34,62 kg/kapita/tahun. Angka tersebut masih jauh di bawah angka nasional yang menurut survey Ditjen PDSPKP KKP RI sudah mencapai 55,95 kg/kapita/tahun. Penganekaragaman jenis produk olahan hasil perikanan baik tradisional maupun modern perlu terus dilakukan. Diantaranya melalui Demo Memasak Olahan Ikan Spageti Tuna yang dilaksanakan oleh Darma Wanita persatuan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang. Acara ini melibatkan 25 orang peserta yang terdiri atas para pegawai wanita serta istri-istri pegawai Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang.Kegiatan yang berlangsung pada Hari Jum’at Tanggal 31 Januari 2020 yang lalu tersebut berisi praktek pembuatan spageti tuna dengan menghadirkan Bu Widi sebagai narasumber.

Pelatihan secara resmi dibuka oleh Ibu Ike Suryani, ST, selaku ketua Darma Wanita Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang. Beliau menyampaikan bahwa diversifikasi produk hasil perikanan bertujuan untuk memberikan alternatif pada masyarakat dalam mengkonsumi produk perikanan yang tentunya sesuai dengan selera masyarakat, aman dan sehat. “Penganekaragaman produk olahan hasil perikanan perlu didukung dengan pengemasan dan pemasaran yang menarik sesuai perkembangan zaman. Hal ini guna meningkatkan minat masyarakat untuk memilih produk tersebut sehingga berdampak positif pada kesejahteraan ekonomi pelaku usaha perikanan,” ungkapnya.

Menurut Ike, acara ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Darma Wanita untuk memberikan ketrampilan dalam rangka memasyarakatkan konsumsi produk olahan ikan di lingkungan Dinas Perikanan KabupatenTangerang. “Ikan menjadi salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan dan kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi ikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM),” pungkasnya. (nur/rhenis)


Bagikan artikel ini