Ditangani Dini, Penderita Kusta Kelapa Dua Tuntas Tertangani

KELAPA DUA – Disyukuri sejumlah penderita Kusta sudah dinyatakan selesai ditangani Klinik Kusta Puskesmas Kelapa Dua sampai akhir tahun 2016. Tersisa sampai tahun 2017 sebanyak 8 penderita yang masih ditangani petugas dengan diwajibkan meminum obat secara rutin di setiap harinya.
Kepala Puskesmas Kelapa Dua, dr Dewi Anita Etikasari, Kamis (26/1/2017), mengutarakan dalam penangan pasien Kusta pihaknya bekerja-sama dengan RSK Sitanala Tangerang, sehingga penanganannya pun menjadi lebih komprehensif.
Sisi lainnya, para petugas Klinik Kusta terus menggencarkan kegiatan konseling ke wilayah-wilayah untuk memberikan pemahaman tentang gejala penyakit kusta dan pengobatannya secara dini.
Ditambahkan Bidan Hotmaida, Pemegang Program Poli Kusta Puskesmas Kelapa Dua, Puskesmas Kelapa Dua sendiri telah membuka layanan Klinik Kusta sejak tahun 2014 dan sejak itu banyak penderita bisa tertangani secara tuntas.
Sebagian besar pasien yang mendapat pengobatan di klinik ini, ungkapnya, adalah pasien yang baru terkena gejala dan langsung datang berobat. Namun memang ada juga beberapa pasien yang ditangani setelah urat persendian jari tangannya kaku.
Namun setelah ditangani, kini sudah ada perubahannya dengan secara perlahan-lahan jari-jarinya dapat di gerak-gerakan kembali.
Pelayanan Klinik Kusta dibuka di setiap hari, terinci Senin sampai Kamis buka pukul 08.00–13.00, sementara Jumat dan Sabtu buka pukul 08.00–11.00.


Bagikan artikel ini