KP-ASI Puskesmas Jl Kutai Terus Bina Ibu Hamil & Ibu Menyusui

MENINGKATKAN pengetahuan para ibu hamil dan ibu menyusui dalam mempersiapkan kelahiran bayi, pemberian ASI Eksklusif, dan tata-cara yang baik menyusui bayi, Petugas KP-ASI Puskesmas Jl Kutai di setiap bulan menggelar penyuluhan tentang persoalan itu kepada para ibu hamil.

Penyuluhan tersebut dilakukan petugas yang lokasi puskesmasnya berada di wilayah Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, ini dilaksanakan saat melakukan kegiatan layanan kesehatan ke posyandu-posyandu yang ada di wilayah kerjanya.

Misalnya, belum lama ini hal itu dilaksanakan saat kegiatan layanan kesehatan di Posyandu RW 010 Bencongan Indah oleh Petugas Kelompok Pendukung (KP) ASI Puskesmas Jl Kutai bersama petugas gizi, bidan desa dan kader posyandu bagi 10 ibu hamil dan 15 ibu menyusui.

Kepala Puskesmas Jl Kutai, drg Trully Kartikasari, menjelaskan kegiatan ini memang terus dilakukan Petugas KP ASI untuk memberikan pengetahuan kepada para ibu hamil dan para ibu menyusui tentang tata-cara mempersiapkan kelahiran yang baik dan menyusui bayi yang baik.

Tujuanna agar bayi yang dilahirkan dan disusui dapat tumbuh-kembang dengan baik. “Selain itu, kegiatan ini merupakan salah-satu upaya pencegahan kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir,” ucapnya.

Sementara Nanda Magfirah, Pemegang Program Promosi Kesehatan Masyarakat pada Puskesmas Jl Kutai, menjelaskan kegiatan inipun sebagai pelaksanaan salah-satu inovasi puskesmasnya dalam memberi penambahan wawasan dan pengetahuan kepada para ibu hamil dan ibu menyusui.

Ditambahkannya, belum lama ini juga KP-ASI mengadakan kegiatan Senam Bersama, Edukasi Pemeriksaan Kesehatan dan Konsultasi Kesehatan di Posyandu Sebaya Mandiri,  bekerja sama Ikatan Nurse Kardiovaskuler Indonesia (INKAVI) dari RS Jantung Harapan Kita.


Bagikan artikel ini