Dinkes Gelar Seminar HKN: “Generasi Sehat Indonesia Unggul”

MEMERIAHKAN Hari Kesehatan Nasional (HKN), Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar  Seminar Tunggal Sehari bertema "Generasi Sehat Indonesia Unggul".

Seminar menghadirkan dr Ana Raudah Al-Jannah berlangsung di Pondok Pesantren Tarbiyatul Muhtadin di Desa Pasir Nangka, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Rabu (27/11/2019).

Hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kabag Kesra Pemkab Tangerang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, Pengurus Ormas, Camat Tigaraksa, Ketua  PKK Kecamatan Tigaraksa, Danramil, Kapolsek, Ketua MUI kecamatan Tigaraksa, sejumlah Kepala Puskesmas, Kepala Desa se-Kecamatan Tigaraksa, Ketua PKK Desa se-Kecamatan Tigaraksa, dan undangan lainnya.

Hj Dwi Harti Nugraheni SKM MKM, Kepala Bidang SDK-PM pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sebagai ketua kegiatan, menjelaskan tema yang diambil ini adalah salah-satu prioritas program unggulan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di pondok-pondok pesantren.

“Yaitu program terkait penerangan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di pondok-pondok pesantren,” katanya.

Ditambahkan di tahun 2019 ada 2 pondok pesantren yang dijadikan percontohan pondok pesantren sehat untuk Tingkat Kabupaten Tangerang maupun Tingkat Dunia, di antaranya Pondok Pesantren Tarbiyatul Muhtadin di Kecamatan Tigaraksa dan Pondok Pesantren Robbani di Kecamatan Cisoka.

Dari Desiminasi Hasil Akhir Fakultas Kedokteran UIN Jakarta disampaikan Negara Belanda akan belajar tentang kesehatan pondok pesantren ke Pondok Pesantren Tarbiyatul Muhtadin.

“Oleh karena itu diharapkan kepada semua peserta dan kader kesehatan yang ada di pondok pesantren itu bisa terus menjaga dan meningkatkan program kesehatan di pondok pesantrennya,” harap Hj Dwi Harti Nugraheni SKM MKM.

Sementara Drs H Uwes Nawawi, Pimpinan Pondok Pesantren Tarbiyatul Muhtadin, mengucapkan terima-kasih kepada Pemkab Tangerang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang telah melakukan pembinaan kepada para santri tentang PHBS sehingga para santri bisa menjaga dan merawat kebersihan diri dan lingkungannya.

“Dari hasil binaan ini, kami telah merasakan manfaatnya. Untuk terus menjaga dan merawat hal itu, kami pun telah membentuk kader PHBS, KKR, Kesling dan Gizi, serta pos kesehatan, yang akan menjaga serta merawat kebersihan dan kesehatan di lingkungan pondok,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Desiriana Dinardianti MARS pada kesempatan itu mengucapkan selamat HKN kepada masyarakat.

Dia berharap hasil seminar ini dapat memotivasi para generasi muda untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam menjaga dan merawat kesehatannya.


Bagikan artikel ini