Dinkes Terus Bina Penerapan PHBS Pondok-pondok Pesantren

DINAS Kesehatan Kabupaten Tangerang secara kontinyu terus memberi pemahaman penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada pondok-pondok pesantren di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang.

Kegiatan dilaksanakan Seksi Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga (PLKKO) pada Dinkes Kabupaten Tangerang sejalan dengan program Pemkab Tangerang yang terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan pondok-podok pesantren.

Pada tahun 2018 telah terbina 46 pondok pasantren, sementara sampai November 2019 telah dibina 60 pondok pasantren, kata H Deden Suharya SKM MSi, Kepala Seksi PLKKO, Rabu (14/11/2019.

Dijelaskan untuk kegiatan ini diberi nama MPA PHAST Pondok Pasantren, yang berupa pembinaan kepada para santri dan pengurus setiap pondok pasantren. Materinya terdiri pelatihan dan pembinaan tata-cara menerapkan PHBS, semisal tata-cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Personal Hygiene, Sanitasi Lingkungan Ponpes, dan Pencegahan Penularan Penyakit dengan Diagram F.

H Deden Suharya SKM Msi menambahkan tujuan dari pembinaan ini untuk memotivasi keluarga besar pondok-pondok pesantren  melaksanakan PHBS, baik untuk dirinya sendiri maupun lingkungannya.

“Harapannya kehidupan para santri bisa lebih bersih dan sehat, sehingga dapat terhindar dari penyakit berbasis lingkungan dengan terciptanya sanitasi lingkungan yang bersih, yang dapat mendukung prestasi yang lebih baik buat para santri,”ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan dalam kegiatan ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang juga memberikan bantuan sejumlah tempat sampah dan 1.500 Paket Personil Hygiene.

follow instagram resmi dinkes https://www.instagram.com/officialdinkes/?hl=id


Bagikan artikel ini