591 Calon Kades Deklarasi Damai

Tigaraksa -- Sebanyak 591 Calon Kepala Desa di Kabupaten Tangerang membacakan Deklarasi Damai di Gedung Serba Guna (GSG) Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Senin (11/11/19).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Kapolresta Tangerang, Kapolresta Tangsel dan Kapolres Metro Tangerang turut hadir dalam deklarasi damai dan pembekalan wawasan kebangsaan bagi Calon Kepala Desa Serentak Tahun 2019.

Deklarasi Damai merupakan rangkaian Pilkades serentak di 153 desa di wilayah Kabupaten Tangerang, agar calon kades lebih berkomitmen dalam menjaga harmonisasi dan keutuhan masyarakat.

"Calon Kades harus siap bertanggung jawab dengan kondisi masyarakatnya, apabila ada yg melanggar hukum harus ditindak," ungkap Bupati di GSG.

Dalam pilkades 2019 ini, lanjut Zaki, Calon Kades harus lebih mengutamakan politik santun, raih hati masyarakat dengan program-program pembangunan di desa, maju mundurnya desa akan ditentukan dalam pesta demokrasi langsung, visi misi calon kades harus sejalan dengan pemerintah.

"Calon kades yang saat ini mengikuti deklarasi, harus dapat menciptakan rasa aman dan tentram bagi masyarakatnya," ungkap Zaki.

Kapolresta Tangerang, AKBP Ade Ari Syam Indradi, menambahkan selain bersilaturrahmi deklarasi damai akan menegaskan komitmen calon kades yang ikut dalam pilkades serentak yang nantinya komitmen ini akan ditagih setelah pencoblosan 1 Desember nanti.

"Deklarasi damai ini merupakan hal yang penting dalam tahapan pilkades serentak, nantinya setelah proses berjalan akan ditagih komitmen para calon kades," jelas Kapolresta Tangerang.

Kapolresta Tangerang berharap hingga pemilihan berjalan dengan aman, damai dan kondusif. Masyarakat dan Calon kades dapat menerima hasil pilkades.

"Saya berharap situasi aman ini terus terjalin, jangan sampai penyelesaian hukum berakhir dengan penyesalan," tegas Ade.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Adiyat Nuryasin menambahkan jumlah Calon Kepala Desa yang mengikuti deklarasi berjumlah 591 orang, laki laki berjumlah 563 orang dan perempuan 28 orang. Selain deklarasi, Calon Kades dibekali dengan wawasan kebangsaan agar lebih mendapatkan pentingnya keutuhan NKRI.

"Selain deklarasi damai, calon kades dibekali wawasan kebangsaan agar lebih mengerti akan keutuhan masyarakat lebih utama," ungkap Adiyat.

Setelah membacakan deklarasi damai langsung perwakilan calon kades menandatangani berita acara deklarasi damai, diikuti peserta lain dalam deklarasi. (Skj/diskominfo)


Bagikan artikel ini