MENPAN RB TETAPKAN RSUD BALARAJA SEBAGAI PELAYANAN PUBLIK SANGAT BAIK

Batam -- RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang ditetapkan sebagai pelayanan publik terbaik di wilayah I oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia. RSUD Balaraja memperoleh nilai sangat baik atas kinerjanya dalam pelayanan publik di bidang pelayanan kesehatan. 

Atas prestasi tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan pelayanan publik secara langsung kepada Wakil Bupati Tangerang H Mad Ramli, di Hotel Aston Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/11 2019).

Penghargaan pelayanan publik yang di raih pemerintah Kabupaten Tangerang dalam hal ini OPD RSUD Balaraja merupakan hasil evaluasi kinerja unit penyelenggaraan pelayanan publik dari Menpan RB RI pada tahun 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengucapkan selamat kepada pemerintah provinsi dan dan kabupaten/kota yang telah ditetapkan sebagai pelayanan publik terbaik dan pelayanan prima. Untuk mendapatkan pelayanan publik yang maksimal ini perlu kerja keras bagi setiap pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

"Semoga menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan pelayanan publik. Mudah-mudahan hasil dan evaluasi pelayanan publik ini bisa berproses reformasi birokrasi," ujar Tjahjo Kumolo.

Perkembangan pelayanan publik ini sangat luar biasa karena itu aspirasi masyarakat wajib di laksanakan oleh OPD sampai ke kecamatan dan tingkat desa.

Percepatan reformasi menjadi sebuah kebutuhan karena visi misi presiden dan wakil presiden RI 2019-2024. Kita harus memposisikan sebagai pelayanan publik, bekerja dengan jelas, bekerja berorientasi hasil, sehingga publik merasa puas dengan hasil kerja pemerintah.

Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli yang di jumpai di lokasi mengaku sangat bersyukur atas capaian Pemkab Tangerang melalui OPD RSUD Balaraja yang memperoleh hasil sangat baik.

"Penghargaan ini bisa dijadikan motivasi untuk OPD lain di Kabupaten Tangerang dalam meningkatkan pelayanan publik, begitu juga rumah sakit lain yang dimiliki Kabupaten Tangerang seperti Rumah Sakit Tangerang dan Rumah Sakit Pakuhaji untuk bisa meningkatkan pelayanan publik," ujar Mad Romli.

Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi hari ini yang di capai oleh RSUD Balaraja berkategori sangat baik dan mudah-mudahan tahun berikutnya jadi kategori pelayanan prima.

"Saya harap tahun berikutnya ada peningkatan penghargaan jadi A yaitu kategori pelayanan prima, sesuai standar dari Menpan RB," harap Mad Romli.

Selain RSUD Balaraja dalam penilaian pelayanan publik tahun 2019 ini, DPMPTSP dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang juga meraih penghargaan kategori baik (B) dalam pelayanan publik.

Direktur RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang, dr.Hj.Rr.Reniati,M.Kes mengucapkan Alhamdulilah pelayanan di Rumah Sakit Umum Balaraja mendapatkan penghargaan peringkat A dengan pelayanan sangat baik, yang tahun sebelumnya mendapatkan penghargaan baik (B).

Reniati melanjutkan, bahwa Rumah Sakit Umum Balaraja selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan ditambah aplikasi yang kita bangun yaitu SI JEMPOL. Aplikasi SI JEMPOL ini sudah banyak fitur yang di layani dari pendaftaran, kamar rawat inap yang kosong dan dokter spesialis yang hadir di rumah sakit.

"Aplikasi yang kita bangun, SI JEMPOL dan SI AWAK CAGEUR untuk BPJS sangat membantu masyarakat Kab. Tangerang untuk  pendaftaran melalui online," kata Reniati.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang, Drs.Syafrudin M.Si mengatakan bahwa pada tahun ini dinas yang dipimpinnya meraih predikat baik (B) yang artinya ada peningkatan dua tingkat dari tahun sebelumnya yaitu cukup (C-).

Syafrudin, mantan Camat Balaraja ini melanjutkan, untuk meningkatkan pelayanan publik di dinas yang dipimpinnya akan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi penilaian pelayanan publik dari Menpan RB, seperti aplikasi pelayanan pembuatan KTP, KK, dan Kartu Anak Indonesia (KIA).

"Hasil ini kami akan melakukan evaluasi untuk peningkatan pelayanan publik di bidang kependudukan, dan kami bersyukur atas pencapaian pelayanan publik tahun 2019 ini," ujar Syafrudin.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tangerang, Cupi Mutiani menjelaskan dalam penilaian pelayanan publik oleh Menpan RB ini ada 6 kriteria/instrumen evaluasi pelayanan publik yang dinilai yaitu : kriteria kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sisem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

Berdasarkan Permenpan RB RI Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pelayanan Publik, bahwa evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB RI sejak tahun 2016 yang obyeknya antara lain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta RSUD.

"Setiap kepala daerah selaku pembina penyelenggaraan pelayanan publik harus selalu berupaya untuk meningkatkan kwalitas pelayanan terutama pada perangkat daerah dimaksud," ujar Cupi.

Pada tahun 2019 ini, Kemenpan RB RI telah mengevaluasi perangkat daerah di Kabupaten Tangerang yaitu DPMPTSP ,DKPS dan RSUD Balaraja, dengan hasil sebagai berikut: RSUD Balaraja mendapatkan predikat kriteria pelayanan publik sangat baik (A-), DPMPTSP dan DKPS mendapatkan predikat penyelenggara pelayanan publik kriteria baik (B).

"Prestasi ini tidak terlepas dari pembinaan kepala daerah yaitu Bapak Bupati selaku pembina penyelanggaraan pelayanan publik di Kabupaten Tangerang " ujar Cupi kepada tim infokom yang meliput langsung penerimaan penghargaan dari Batam.

Diketahui bahwa di Wilayah I ada 80 pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang dinilai oleh Menpan RB. Dalam penilaian pelayanan publik tahun 2019 ini, Kota Bogor dan Kota Bandung meraih prestasi pelayanan prima karena ketiga dinas yang dinilai yaitu RSUD, DPMPTSP dan DKPS semuanya meraih pelayanan prima. 

Laporan langsung dari Batam : Abdul Munir, Kabid Infokom Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang.


Bagikan artikel ini