PEMERINTAH INDIA BELAJAR SANITASI KE KAB. TANGERANG

Tangerang -- Bupati Tangerang A Zaki Iskandar menerimaa kunjungan dari delegasi pemerintah India ke Kabupaten Tangerang tentang program sanitasi di Kabupaten Tangerang. Delegasi pemerintah India diterima langsung oleh Bupati Tangerang di Pendopo Bupati Tangerang, Kamis (31/10/19). 

Mr. Binay Kumar Jha, Director (SBM dan PHE) Ministry of Housing and Urban Affairs mengapresiasi terhadap Kabupaten Tangerang terutama kepada Bupati A. Zaki Iskandar yang telah membangun sanitasi di Kabupaten Tangerang lebih baik lagi sehingga kami pun ingin mencontoh sanitasi di Kabupaten Tangerang. Terimakasih Pak Bupati yang telah mengijinkan kami untuk menimba ilmu di Kabupaten Tangerang terkait sanitasi ini.

Lanjut Mr. Binay Kumar Jha juga mengatakan, dalam pertemuan ini langsung disambut Pak Bupati Zaki dan beliau juga mempresentasikan program Sanitasi Berbasis Sekolah (Sanisek), Sanitasi Berbasis Pesantren (Sanitren) dan Gebrak Pakumis (Gerakan Bersama Rakyat Atasi Permukiman Padat, Kumuh, dan Miskin) yang sedang gencar Pak Bupati lakukan di Kabupaten Tangerang.

"Semoga kedatangan kami di sini mendapat ilmu dari Kabupaten Tangerang agar kita bisa mengaplikasikannya di wilayah kami" ucap Mr. Binay Kumar Jha.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengatakan, Selamat datang kepada delegasi pemerintah India di Kabupaten Tangerang, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami karena wilayah kami di datangi dari delegasi pemerintah India untuk mencontoh sanitasi yang sudah dan sedang terus kita bangun di Kabupaten Tangerang. Ini bentuk untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen dalam mengatasi permasalahan air, sanitasi dan perliaku hidup bersih.

Zaki juga mengatakan, Alhamdulilah Kabupaten Tangerang telah berhasil membangun Sanitasi Berbasis Sekolah (Sanisek) dan saat ini kami sedang membangun Sanitasi Berbasis Pesantren (Sanitren). Target Sanitren ini sebanyak 829 ponpes yang dibangun oleh Pemkab Tangerang. Pada tahun 2018 sudah membangun Sanitren di 46 Ponpes, dan tahun 2019 ini akan di bangun 150 Sanitren, diharapkan pada tahun 2022 semua pondok pesantren di Kabupaten Tangerang sudah di bangun sanitasinya.

"Mudah-mudahan program sanitasi ini dapat mereka pakai juga di india dan bisa membantu warga India dalam sarana sanitasinya" ucap Zaki. (Red/Diskominfo)


Bagikan artikel ini