Puskesmas Tigaraksa Ikut Pecahkan Rekor MURI Pahami Dagusibu

PETUGAS Apoteker Puskesmas Tigaraksa menggelar Penyuluhan World Pharmacist Day 2019 dengan memberi pemahaman tentang obat kepada para murid kelas 5 SDN Sodong 1 Tigaraksa.

Kegiatan yang diikuti 56 murid ini dan berlangsung Sabtu (12/10/2019), ternyata dilaksanakan pula secara serentak oleh para petugas apoteker puskesmas-puskesmas di seluruh Indonesia sehingga dinyatakan lolos pemecahan rekor MURI.

Acara ini diberi tema "Bersama Apoteker Mengenali Obat Sejak Usia Dini".

Tampil narasumber Disya C Wiyanti S.Farm Apt, Apoteker dari Puskesmas Tigaraksa, Pebriyana Sa'adah S.Farm Apt, Apoteker Puskesmas Tigaraksa, dan Santi Hasanah S.Farm Apt, Apoteker Klinik Melati Bunda.

Para narasumber pada intinya menjelaskan pentingnya meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada para murid tentang Dagusibu (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang Obat dengan Baik dan Benar).

Kemudian para murid pun diberi pemahaman tentang Pengenalan Obat 5-O, yaitu:  (1) Obat ini apa nama dan kandungannya; (2) Obat ini apa khasiatnya; (3) Obat ini berapa dosisnya; (4) Obat ini bagaimana cara menggunakannya; (5) Obat ini apa efek sampingnya.

Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS, menjelaskan kegiatan ini sebagai salah-satu langkah inovasi Puskesmas Tigaraksa dalam UKP di apoteker yang menjalankan program bertujuan memberikan pengenalan obat kepada para murid sejak dini.

https://www.instagram.com/officialdinkes/?hl=id


Bagikan artikel ini