Kesehatan, Pendidikan, Kemisikinan Pengelolaan lingkungan Serta Reformasi Birokrasi Menjadi KUA PPAS 2020 Kabupaten

Tigaraksa -- Issue pembangunan daerah tahun 2020 oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang masih berkutat pada kebijakan dasar, dimana Pemerintah Kabupaten Tangerang hanya menentukan arah pembangunan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang disampaikan oleh Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli di hadapan Rapat Paripurna DPRD setempat, Selasa (08/10/2019). 

Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli mengatakan target makro pembangunan Kabupaten Tangerang bakal dilakukan dengan beberapa aspek, dimana angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tangerang ditargetkan sebesar 6 persen, Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi 72.20 persen.

Percepatan penurunan tingkat kemiskinan menjadi 5,05 persen, serta Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka menjadi 9,61 persen.

"Angka-angka diatas menjadi prioritas pemerintahan ke depan dalam melakukan peningkatan mutu kualitas pelayanan pemerintah untuk tahun 2020 mendatang," papar Madromli di depan seluruh anggota DPRD yang hadir.

Menurutnya, kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2020 tidak terlepas dari visi dan misi Kabupaten Tangerang yang terumus dalam RPJMD Kabupaten Tangerang Tahun 2019 – 2023 dan RKPD Tahun 2020 dengan arah kebijakan dan prioritas daerah, upaya percepatan perwujudan program-program pembangunan. 

"Prioritas daerah ini sangat penting bagi OPD untuk dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, terarah dan terukur." Paparnya.

H. Mad Romli menjelaskan, Dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang masyarakat Kabupaten Tangerang, maka dirumuskan tema pembangunan Kabupaten Tangerang Tahun 2020 yaitu "Mengembangkan Inovasi Daerah dan Ekonomi Kreatif Serta Membangun Ketahanan Pangan Yang Modern Berbasis Kewilayahan".

"Dengan target yang ada, kita tidak bisa menafikan dengan adanya ekonomi kreatif yang kini tumbuh kembangnya sudah sedemikian massive dan memiliki daya saing yang kompetitif." Tegasnya.

Pada prioritas pembangunan, pemerintah daerah juga memiliki sasaran pembangunan yang kompetitif, untuk pelayanan dasar yang masih menjadi kebutuhan masyarakat dan target visi misi pemerintah daerah.

"Diantaranya adalah peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan pendidikan, kesehatan dan sosial, penanganan kemiskinan dan pengangguran, pemerataan infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan, penataan perumahan permukiman berbasis kawasan, pengelolaan persampahan dan lingkungan dan peningkatan tata kelola pemerintahan (Good Governance)," ujarnya. (Skj/Info)


Bagikan artikel ini