WABUP BUKA FINAL LOMBA BERCERITA RAKYAT TANGERANG

Tigaraksa -- Wakil Bupati Tangerang H. Madromli membuka Final Lomba Bercerita Rakyat Tangerang, yang dilaksanakan di bioskop Perpustakaan Kabupaten Tangerang, Selasa (8/10).

Wakil Bupati Tangerang, H. Madromli dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen nyata pemerintah daerah melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya yang pada pelaksanaannya alhamdulillah selalu mendapat respon yang baik dari berbagai lapisan masyarakat dan juga stakeholder Pemerintah Daerah.

"Harapannya, semangat dan upaya meningkatkan minat membaca bagi masyarakat dapat dirasakan secara nyata di lomba bercerita Rakyat Tangerang ini," ungkap Wabup.

Karena perlu kita ketahui bersama, ungkap Madromli, bahwa dewasa ini pesatnya perkembangan tekhnologi meniscayakan kita belajar bukan hanya dari buku, tapi dari bentuk dan metode yang lain. Sehingga perkembangan siswa siswi terus diuji mulai dari perilaku, hingga mengenal budaya di sekitarnya yang disampaikan melalui bercerita anak.

"Anak-anak agar lebih peka dan terinspirasi budaya lokal, hingga mereka lebih menambah wawasan di lingkungannya, siapa saja tokoh inspiratif untuk mereka tiru atau menjadi panutannya," ungkap Madromli yang merupakan pria asli warga Balaraja.

Hadisa Mashyur, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang menambahkan Final Lomba Bercerita Rakyat Tangerang selain menambah pengalaman siswa siswi SD, MI, SMP dan MTs, kegiatan lomba inipun meningkatkan minat gemar membaca sejauh mana siswa siswi gemar membaca baik cerita lokal dan cerita umum.

"Setelah lomba tingkat Kabupaten Tangerang ini, pemenang akan kita ikut sertakan lomba bercerita tingkat provinsi maupun nasional," jelas Kadis.

Sebelumnya, Lomba Bercerita ini sudah dilaksanakan disetiap zona wilayah, baik wilayah utara di Kecamatan Mauk, wilayah selatan Pagedangan, wilayah tengah Kecamatan Curug dan Wilayah barat di Kecamatan Kresek. Kita ambil juara satu dan juara dua, finalnya saat ini kita laksanakan dengan dewan juri yang berkompeten dibidangnya.

"Hasil seleksi kemarin, kita finalkan di Dinas Perpustakaan dan mereka akan bertarung, siapa saja yang terbaik dalam menggali cerita-cerita lokal rakyat Tangerang," ungkapnya.

Pada kesempatan ini pula, Wakil Bupati setelah membuka langsung mendengarkan cerita Rakyat Tangerang berjudul "Asal Usul Teluknaga". Dibawakan langsung oleh Syifa Naila Amalia, siswi MI Darul Ulum Kecamatan Mauk dengan suara khas anak-anak sangat terampil memeragakan dan membelah suara agar terbawa imajinasi.

"Senang bercerita didepan Pak Wakil Bupati, walau sedikit gugup harus tetap lebih membawakan cerita yang inspiratif untuk penonton dan dewan juri," tutup Syifa.


Bagikan artikel ini