Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2019

Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 02 Oktober. Tahun ini, Kementerian Dalam Negeri pun mengirimkan Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

Berdasarkan surat edaran tersebut, Kementerian Dalam Negeri mengimbau seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menggunakan baju batik pada Rabu (2/10/2019). Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3928 Tahun 2019, tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Hal ini dibuat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional. 

Handai Tolan, Batik Indonesia telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi pada 2 Oktober 2009 oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Batik merupakan kain yang dilukis dengan cairan lilin malam menggunakan alat bernama canting dan menghasilkan pola-pola tertentu pada kain. Kata batik dirangkai dari kata ‘amba’ yang berarti kain yang lebar dan kata ‘tik’ berasal dari kata titik.

 Artinya, batik merupakan titik-titik yang digambar pada media kain yang lebar sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola-pola yang indah.
_
Nah, Handai Tolan, Jangan lupa pakai Batik hari ini ya. Sebagai wujud kebanggaan kita pada warisan kebudayaan Indonesia.


Bagikan artikel ini