Selama 2 Bulan, Puskesmas Binong Laksanakan POPM & BIAS

SELAMA Bulan Agustus-September, Petugas Puskesmas Binong disibukkan dengan pemberian obat cacing dan pemberian imunisasi masal untuk anak-anak.

Pelaksanaan dua kegiatan sekaligus itu dilakukan pada 23 posyandu, 20 TK, dan 25 SD yang ada di wilayah kerja Puskesmas Binong.

Adapun kegiatan dimaksud adalah Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) untuk Pencegahan Penyakit Filariasis (Kaki Gajah) dan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan Imunisasi Campak untuk murid kelas I sebagai booster imunisasi dasar Campak sewaktu balita agar imunisasi terhadap penyakit Campak bisa lebih baik lagi.

Kepala Puskesmas Binong, dr Qotrum Nada, Senin (16/9/2019), menjelaskan semua kegiatan ini bertujuan untuk menjaring kesehatan para murid sekolah sehingga bisa dideteksi jika ada kelainan kesehatan pada murid-murid tersebut.

“Para murid SD diperiksa kesehatannya, mulai dari ketajaman penglihatan, fungsi Telinga, fungsi Hidung, kesehatan Gigi dan Mulut, kesehatan Jantung, sampai mendata anggota gerak, tinggi badan, berat badan, lingkar badan, dan kepala,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan dr Qotrum Nada, bila ada kelainan pada kesehatan murid maka akan diambil tindakan lebih lanjutnya dengan pemeriksaan dirujuk ke puskesmas atau berlanjut ke rumah sakit.


Bagikan artikel ini