Diprogram Penanggulangan TB Menuju Eliminasi TB 2030

TANGERANG - Kabupaten Tangerang sampai saat ini masih menjadi salah-satu wilayah yang memiliki beban kasus TB tertinggi di Provinsi Banten yang mengharuskan jajaran dinas kesehatan memberi perhatian seriusnya.

Sebab itu pula pelaksanaan program penurunan angka jangkitan penyakit TB harus lebih dioptimalkan, di antaranya mengoptimalkan  layanan di fasilitas layanan kesehatan dan peran Publik Private Mix TB/PPM TB Kabupaten Tangerang.

Terkait itu, Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar pertemuan koordinasi dengan organisasi profesi, perhimpunan pemberi layanan TB, dan lintas sektor (Publik Private Mix TB/PPM TB).

Acara digelar di Aula RSUD Kabupaten Tangerang dengan 35 peserta terdiri dari jajaran Dinas Kesehatan, Bappeda, DPKAD, Bagian Organisasi dan Hukum, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman di lingkup Pemkab Tangerang.

Ikut pula Perwakilan Pengelola Program TB di Puskesmas-puskesmas, Organisasi Profesi (IDI, IDAI, PAPDI, PPNI, IBI), Perwakilan Rumah Sakit (RS Mitra Husada, RS Mitra Keluarga, Siloam Hospital, RS Hermina Bitung), KPA, Asosiasi Klinik Indonesia, LSM (Aisyiah dan LKNU).

Kegiatan sendiri dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Narasumber Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dengan materi Strategi dan Pengendalian Tuberkulosis di Kabupaten Tangerang dan Pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Banten dengan materi tentang PPM TB.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyusunan program kerja PPM TB dalam RAD TB kabupaten Tangerang oleh Ketua PPM dan Tim.

Kepada Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Dwi Yanto, menjelaskan kegiatan ini bertujuan meningkatkan komitmen dan kepemimpinan di jajaran Pemkab Tangerang dalam Program Penanggulangan TB Menuju Eliminasi TB 2030.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini