Puskesmas Jayanti Lakukan Penjaringan Kusta Sampai ke SD-SD

JAYANTI - Melakukan pencegahan dan pengawasan Penyakit  Kusta di wilayah  kerjanya, para petugas kesehatan Puskesmas Jayanti pun melakukan penyuluhan dan pemeriksaan penyakit itu di SDN Cikande II, Selasa (26/2/2019).

Kepala Puskesmas Jayanti, dr Lastri, menjelaskan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kusta pada anak SD bertujuan untuk melakukan penjaringan atas penyakit menular ini, sebelum berkembang dan menularkan kepada orang lain.

“Penyakit ini dapat disembuhkan, bila ditemukan sejak dini dan diobati, sebab itu dilakukan penjaringan ke SD-SD. Pengobatannya pun bila dilakukan secara dini akan lebih mudah,” katanya.

Khusus untuk pelajar sekolah dasar, penyakit ini seringkali tidak pernah dipedulikan anak-anak karena tidak terasa gatal dan tidak sakit, namun bila dibiarkan bisa mengakibatkan kebutaan.

Untuk itu diharapkan para murid SD yang telah mengikuti penyuluhan dan pemeriksaan, selanjutnya bisa menjaga kebersihan tubuhnya. Bila melihat ada bercak putih di kulit agar segera disampaikan untuk dilakukan pemeriksaan.

Penyakit Kusta, papar dr Lastri, adalah penyakit menahun yang disebabkan Kuman Kusta Mycobacterium Leprae yang menyerang kulit, saraf tepi, dan jaringan tubuh lain. Penyakit ini menular.

Penyakit Kusta sendiri ada dua jenis, yaitu Kusta Kering (Pausi Basiler) dan Kusta Basah (Multi Basiler).

Untuk gejala awal penyakit ini, terdeteksi ada kelainan pada kulit, berupa bercak putih seperti Panu ataupun bercak kemerahan yang kurang rasa ataupun mati rasa, serta tidak gatal dan tidak sakit sehingga penderita seringkali tidak merasa terganggu.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini