“ADA YANG BEDA KEGIATAN MUSRENBANG KELURAHAN BINONG TAHUN 2019 “

Kelurahan Binong Kecamatan Curug .... Pada hari Rabu tanggal 13 Pebruari 2019, Kelurahan Binong mengadakan kegiatan tahunan yaitu Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat Kelurahan tahun 2019 “ Mengembangkan Inovasi  Daerah dan Ekonomi kreatif serta membangun Ketahanan Pangan berbasis Kewilayahan “

Dalam pelaksanakan Musrenbang pada hari ini sangat berbeda, dimana acara ini tidak adanya penyediaan air mineral atau kemasan, Kue kotak, maupun nasi kotak, semuanya tersaji dalam bentuk prasmanan.

Musrenbang bertujuan untuk menyusun rencana pembangunan yang prioritas , baik jangka panjang, jangka menengah, maupun jangka pendek

Dalam rangka rencana pembangunan tingkat kelurahan berembug bersama-sama dengan para ketua RW, RT, Tokoh Masyarakat dan LPM dalam penyusunan program tahunan, Musrenbang Kelurahan adalah salah satu media dialog dan penyepakatan penyusunan program pembangunan diwilayah Kelurahan.

Acara Musrenbang ini dihadiri oeh :, “Ibu Masitoh, S.Ag. M.si (Lurah Binong), Bp. Rispanel Arya, S.ST.MM (Anggota Dewan Kabupaten), Bp. Cucu Supriadi, S.Sos.M.si (Kasi Ekbang Kec.Curug), Bp. Diki Purnama. K, ST (Kasubag Umum Pegawaian Kec. Curug), Bp. Nurholis (perwakilan UKM), para Kepala Sekolah Negeri 1 sd 6 SD Binong, Ibu Dr. Qutrun Nada (Kepala Puskesmas Binong) para Ketua RW. 01 sd 022, Tokoh Masyarakat, LPM dan Ibu-ibu PKK Kel.Binong .

Dalam sambutannya Ibu Lurah, menyampaikan berbagai kegiatan serta program Kelurahan maupun program Kabupaten serta visi misi, berkaitan dengan program Kabupaten diantaranya “KURASAKAN (Kurangi sampah di kantor), KURASAKI (Kurangi sampah disekolah kita), dan KURAMAH (Kurangi sampai Rumah)”, Ibu lurah mengatakan permohonan maaf tidak tersedianya air mineral dan kue kotak pada acara musrenbang pada hari ini ini, karena ini bertujuan untuk bisa dan terbiasa kita semua dapat menjalankan program yang ramah lingkungan, dan ibu Lurah mengajak,” kepada para Ketua RW, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, para Kepala Sekolah serta para Ibu-ibu kader PKK untuk dapat membantu program tersebut dengan berbagai cara diantaranya untuk menjaga lingkungan mengurangi sampah baik dikantor, dirumah maupun dilingkungan sekolah. Danbeliau juga berpesan kepada warga kelurahan Binong agar selalu bersatu untuk menuju Kabupaten Tangerang Gemilang, program unggulan kelurahan Binong yang telah dicapai oleh ibu-ibu PKK sangatlah diandalkan karena dari hasil yang telah dicapai pembuatan berbagai kerajinan tangan telah menghasilkan dan dapat dimanfaatkan oleh kader PKK dan warga masyarakat kelurahan Binong, mengatasi banjir juga adalah salah satu program kelurahan yang mana telah dilaksanakan dan hasilnya dapat dibuktikan oleh warga Binong, untuk kemacetan hal ini sedang dalam pengusulan pelebaran jalan inipun harus ada komitmen dari warga itu sendiri agar apa yangdiharapkan dapat berjalan sesuai harapan. dan juga akan adanya pembangunan sekolah SMP Negeri, inilah beberapa program yang telah ataupun yang akan dilaksanakan oleh Kelurahan maupun kabupaten.

Anggota Dewan Kabupaten Tangerang (Bp. Rispanel Arya, S.ST. MM) Dalam sambutannya beliau hanya menyampaikan” untuk para ketua RW ataupun Tokoh Masyarakat yang usulannya tidak terealisasi agar diusulkan kembali, kemungkinan akan direalisasi kembali melalui anggaran pagu Dewan, untuk pelaksanaan pembangunan dikelurahan Binong mungkin sudah berjalan baik, posyandu di RW.13 dan RW.14 juga telah dilaksanakan, untuk anggaran tahun 2020 masih dalam pengawalan, menyinggung permasalahan banjir ini juga pr bagi saya, paling tidak mengurangi banjir, dan pasca dari pembongkaran juga akan kami anggarkan supaya Binong permai khusunya agar tampak asri.

Sambutan Kasi Ekbang Kecamatan Curug ( Bp. Cucu Supriadi, S.Sos, M.si) Beliau mengatakan, “Pemerataan Pembangunan disegala bidang harus berjalan dengan baik, ini salah satu bentuk dimana adanya rapat Musrenbang yang bertujuan untuk menampung aspirasi/masukan/usulan dari para ketua RW, Tokoh Masyarakat, Para Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas, dan juga ibu-ibu PKK, saya harapkan usulan ini berkaitan dengan Pendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan untuk masyarakat, kemungkinan untuk inspasruktur sudah berjalan dengan baik, jalan-jalan lingkungan maupun jalan raya sudah keliatan pemerataan pembangunannya., mari kita dukung program-program dari kelurahan maupun Kabupaten Tangerang, saling bersenergi, bersatu untuk perubahan Binong khusunya dan Kabupaten Tangerang pada umumnya.

Sambutan dari perwakilan UKM Persamik ( Bp. Nur Holis)Dalam sambutannya beliau hanya menyampaikan, “ bahwa untuk para ketua RW untuk mendaftarkan warganya yang mempunyai Usaha UKM, agar legalitasi dapat dimiliki dari segi perijinannya, Bp. Bupati tangerang berpesan” agar kita semua dapat membeli atau mengunakan prodak lokal.

Rapat Musrenbang dilanjutkan dengan tanya jawab

RW. 07 Bp. Sugiarto"Pelebaran jalan Raya Binong harus ada langkah serius karena dilihat dari kenyataan yang ada bahwa kemacetan ini sering terjadi di Binong ini, dan saya pernah mengusulkan hal ini tapi tidak ada tanggapan atau langkah yang serius dari Dinas terkait.

Ketua RT.01 Binong Permai (Bp. Muslihat) Permasalahan dengan adanya TPU Binong, bahwa untuk administrasi sangat menyusahkan warga yang ingin memakamkan mendiang keluarganya, Kwitansi administrasi yang sangat mahal dan legalitasnya tidak diketahui oleh dinas terkait. Dan masalah bangunan yang dibangun kembali pasca pembongkaran”.

Bp. Bambang Hermanto "Pengusulan harus adanya pembentukan TIM / Delegasi permasalahan tanah yang akan dibebaskan untuk pelebaran jalan.

Kepala Puskesmas Binong (Ibu Dr. Qutrun Nada) Mengingatkan kepada para Ketua RW untuk dapat mengusulkan sarana dan prasarana di posyandunya masing-masing seperti Pengadaan Kursi, Meja dan lain-lain yang berkaitan dengan kesehatan.

Semua saran dan pertanyaan di jawab oleh Ibu Lurah Binong

  • Permasalahan pelebaran jalan, yang mana telah diutarakan sebelumnya bahwa harus adanya komitmen warga itu sendiri untuk pelebaran jalan yang hasilnya dibuatkan surat pernyataan, permasalahan ganti rugi pemerintah tidak melihat dari harga tanah yang sekarang, pemerintah kabupaten mempunyai standar harga tanah.
  • Pemakaman di TPU Binong, kelurahan tidak pernah mengintruksikan masalah administrasi dan juga tidak menerima pemasukan dari administrasi tersebut, langkah ini akan di panggil para pengurus TPU Binong untuk diminta keterangannya.
  • Masalah bangunan yang dibangun kembali pasca pembongkaran, telah diintruksikan kpd Trantib Binong dalam hal ini Kasi Trantib untuk mengecek ke lokasi bangunan tersebut, atas intruksi lurah Binong trantib selalu memantau monitoring ke wilayah agar apa yang sudah dilaksanakan tidak dilanggar lagi oleh warga hal ini bertujuan untuk kepentingan warga Binong.
  • Pengusulan dari kepala Puskesmas sangat baik, ini demi kepentingan posyandu RW itu sendiri, dan untuk lahan fasum/fasos tidak harus diusulkan insfratruktur, harus adanya usulan pembuatan atau pembangunan lahan hijau, dan ruang bermain anak

Acara selanjutnya pembentukan Delegasi Kelurahan Binong Untuk Tingkat Kecamatan Curug.

Adapun nama-nama Delegasi  tingkat Kecamatan yaitu :

  • Bp. Sugiarto                (pihak RW)
  • Bp. Koswara                (pihak Sekolah)
  • Bp. Ridwan                  (Tokoh Masyarakat)
  • Bp. Asrofi Muslim       (Tokoh Masyarakat)
  • Ibu Susi                       
  • Ibu Reni

Acara  Musrenbang tingkat kelurahan ditutup dengan do’a dan  berjalan lancar, aman dan sukses... (B2)


Bagikan artikel ini