Disosialisasi Sistem Informasi Data Kesehatan DHIS-2

TIGARAKSA - Dinas Kesehatan melalui Seksi SDMK, Data dan Informasi pada Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, mengadakan Sosialisasi DHIS-2 tentang Kegiatan Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan di Aula Lantai 3 Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Kamis (24/1/2019).

Hj Dwi Harti Nugraheni SKM MKM, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat yang membuka acara berharap para peserta fokus mempelajari materi yang diberikan sehingga benar-benar bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi keunggulan kinerjanya.

“Bila kurang mengerti, silakan ditanyakan, jangan malu, agar nantinya dalam pengisian data tidak salah. Sebab kalau masih bingung dan telah ada di puskesmas masing-masing, di sana tidak ada yang bisa ditanya,” katanya.

Sementara dr H Muh Jusran Jufri MM.Kes, Kepala Seksi SDMK Data dan Informasi, menjelaskan kegiatan ini menjadi salah-satu fokus Kementerian Kesehatan RI untuk melakukan upaya integrasi data kesehatan dari berbagai sumber data dan berbagai jenis aplikasi sistem informasi kesehatan yang ada.

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, urainya, saat ini Kementerian Kesehatan RI sudah memiliki sistem informasi aplikasi satu data kesehatan yang disebut District Health Information Softwere 2 (DHIS-2).

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengintegrasikan sistem informasi yang saat ini terfragmentasi di berbagai program kesehatan serta mampu mendukung proses pelaporan data agregat secara berjenjang dari kabupaten, provinsi ke pemerintah pusat, kata dr H Muh Jusran Jufri MM.Kes.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada 24-25 Januari 2019 dengan peserta yang berbeda yang diambil dari 44 puskesmas.

Untuk hari pertama, diikuti 22 orang pengelola data di puskesmas-puskesmas dan di hari kedua juga 22 orang pengelola data di puskesmas-puskesmas, ucapnya. 

Kegiatan ini menampikan narasumber dari UI: Fresti Cahya Maulana SST MKM dan dari Pusdatin: Andri Triyadi Adi Saputra.

sumber: dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini