HAKLI Kabupaten Tangerang Bakti Sosial Bagi Korban Tsunami

TIGARAKSA - Tim Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Tangerang mengadakan sejumlah kegiatan bakti sosial kepada masyarakat terdampak Tsunami Banten.

Kegiatan ini di antaranya memberi penilaian cepat pengendalian resiko kesehatan lingkungan, pengendalian sampah, penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pengendalian vektor di lingkungan bencana Tsunami Banten di wilayah Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan dilaksanakan berkerjasama dengan HAKLI Provinsi Banten dengan menyertakan 45 peserta yang berlangsung Sabtu (5/1/2019).

H Deden Suharya SKM MSi, Koordinator HAKLI Kabupaten Tangerang menjelaskan kegiatan ini sebagai salah-satu wujud rasa peduli HAKLI Kabupaten Tangerang terhadap musibah bencana agar masyarakat terdampak bencana bisa tetap menjaga kebersihan lingkungannya.

“Dalam kegiatan ini kami membagi tiga tahap kegiatan,” katanya.  Di antaranya tanggal 23-31 Desember 2018 menggalang dana bantuan bagi korban tsunami, disusul tanggal 5 Januari 2019 memberikan bantuan dan aksi pembersihan lokasi terdampak.

Selanjutnya dalam 2 perkan ke depan akan membangun sarana sanitasi, berupa membangun sarana air bersih dan septik-tank komunal di lokasi terdampak.

Dari rangkaian kegiatan ini, harap H Deden Suharya SKM Msi, semoga bantuan dan sumbangan tenaga yang diberikan bermanfaat untuk masyarakat terdampak tsunami.

Diharapkan pula masyarakat dapat terus menjaga dan melakukan PHBS di lingkungannya sehingga dapat tercegah kemungkinan terjadinya penularan penyakit yang disebabkan kotoran lingkungan, pungkas H Deden Suharya SKM Msi.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini