PSC 119 Jemput Pasien, Memeriksanya & Antar Rawat ke RSU

TIGARAKSA – Cepat-tanggap dilakukan para petugas UPT Publik Safety Center (PSC) Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang saat menerima laporan masyarakat Bencongan, Kelapa Dua, melalui telepon 119 pada Selasa (11/12/2018) sekitar pukul 21.04 ada warga yang terkategoti gawat-darurat butuh pertolongan.

Telepon itu melaporkan warga tersebut membutuhkan pertolongan penanganan cepat karena terlihat lemah dan hanya bisa terbaring kesakitan.

Petugas segera meluncur ke lokasi yang keluar-masuk gang kecil menuju rumah bilik kecil penderita. Di lokasi, petugas memang mendapati korban terbaring dalam keadaan lemas, sebab itu petugas kesehatan langsung memeriksanya.

Terkategori berat kesakitannya, maka petugas segera pula menghubungi pihak RS Qodar Islamic agar penderita mendapatkan perawatan lebih jauh.

Pasien dibawa ke RS Qodar Islamic pada pukul 22.00 dan langsung dimasukkan ke IGD. Setelah mendapat penanganan intensif dokter jaga, pasien selanjutnya dianjurkan dibawa ke RSU Tangerang karena memerlukan Ruang Isolasi Tetanus.

Pasien segera dibawa pula ke RSU Tangerang dan tiba di IGD pukul 23.05. Setelah penanganan lebih jauh, pasien selanjutnya mendapat pelayanan perawatan di Ruang Flamboyan RSU Tangerang.

Kepala UPT PSC pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Yekti Wulandari MARS, menjelaskan kegiatan ini menjadi salah-satu pelayanan kesehatan jajarannya untuk memberi pertolongan kesehatan bagi masyarakat.

Terkait itu, diharapkan masyarakat bisa mengetahui dan memahami tugas pelayanan UPT PSC sehingga pelayanan yang diberikan dapat bermanfaat bagi mereka.

“PSC 119 Kabupaten Tangerang berada di tengah masyarakat dalam memberikan layanan prahospital,” katanya.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini