Puskesmas Pasirnangka Kejar Target Pendataan PIS-PK

TIGARAKSA - Para Petugas Puskesmas Pasirnangka di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, terus melakukan pendataan PIS- PK untuk mencapai target sasaran sebanyak 19.123 KK di 7 desa binaanya.

Ke-7 desa yang warganya menjadi sasaran pendataan adalah warga Desa Margasari, warga Desa Cisereh, warga Desa Matahari, warga Desa Pematang, warga Desa Pete, warga Desa Pasir Bolang dan warga Desa Pasir Nangka.

Sepekan sebelum pelaksanaan pendataannya, para petugas pun menggelar sosialisasi dalam bentuk lokakarya mini (lokmin) dengan peserta tokoh warga desa yang rumah-rumah warganya akan dilakukan pendataan.

Misalnya sosialisasi dan lokmin yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Pasirnangka  bagi tokoh warga dari Desa Matahari, Desa Cisereh dan Desa Pematang, belum lama ini. Sosialisasi ini mendahului pelaksanaan pendataan yang dilaksanakan sepekan kemudian.

H Imam Bahlawi, Kepala Puskesmas Pasir Nangka, Senin (17/12/2018), mengakui pendataan PIS-PK di wilayahnya memang agak terlambat tetapi tidak menjadi penghalang bagi para petugas melakukan pendataan. “Saat ini sudah diselesaikan pendataan di Desa Margasari.”

Diharap semua KK di wilayah kerja Puskesmas Pasir Nangka akan terdata semuanya, sebab hasil data menjadi data dasar tentang kesehatan keluarga-keluarga di desa-desa yang ada.

“Dari sebagian data yang ada, diperoleh fakta beberapa kasus penyakit perlu mendapat penanganan khusus, di antaranya TBC, Kusta, ODGJ dan penyakit lainnya,” katanya.

H Imam Bahlawi menambahkan selain itu pihaknya pun melakukan pendataan bidang kesehatan lingkungan (kesling), semisal ketersediaan jamban sehat keluarga (JSK) sebagai bahan memprogram rencana kepemilikan JSK di rumah-rumah warga di desa-desa tersebut.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini