PENDAMPING DESA PEMBERDAYAAN RESMIKAN BUMDES PANONGAN

Panongan (02/12) -- Pendamping Desa Pemberdayaan melaksanakan kegiatan Peresmian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Panongan. Bumdes Sejahtera bersama di Desa Panongan didirikan pada tahun 2017 akhir. Pada tahun 2018 ini BUMdes Sejahtera Bersama mendapatkan alokasi Dana Penyertaan Modal sebesar 200 juta untuk pengelolaan yang dilakukan sepenuhnya oleh pengurus.

Kepala Desa Panongan Suhendi sangat mengapresiasi kegiatan peresmian 2 unit usaha yang di kelola oleh pengurus dimana 2 unit usaha ini di antaranya Air Minum Kemasan dan Transaksi online yang bekerja sama dengan Pihak BNI sudah bisa di laksanakan.

Ketua BUMdes, Ali Sutyono juga menegaskan dengan adanya penyertaan modal pada BUMDes ini menjadi peluang bagi seluruh masyarakat untuk bisa memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang di sajikan oleh pengurus diantaranya di satu jenis usaha masyarakat bisa melakukan pembayaran online tanpa harus ke Loket Pembayaran di toko waralaba, cukup ke kantor desa.

“Peluang usaha juga bisa dilakukan oleh masyarakat dengan penjualan Air Minum”, tegas ketua BUMDes Ali sutyono.

Pendamping Desa Pemberdayaan, M. Umar, mengapresiasi langkah-langkah yang sudah di lakukan oleh pengurus. Bahwa dengan waktu yang singkat bisa dibentuk 2 unit usaha. Dalam hal melaksanakan apa yang di amanatkan UU Desa No. 6 tahun 2014, bahwa desa memilki kewenangan penuh dalam hal pengelolaan Dana. Dimana dana trsebut di manfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan Masayarat desa dan desa itu sendiri.

Begitupun dengan dibentuknya BUMDes ini suatu kemajuan bagi desa, bahwa desa sudah melaksanakan apa yang diamanatkan menteri desa dalam Permendes No. 4 tahun 2015. BUMdes ini menjadi satu dari 4 prioritas Menteri Desa, yaitu 1. BUMDes 2. Embung Desa 3. PruDes (Produk Unggulan Desa) 4. Sorga Desa (Sarana Olah Raga Desa).

Pendamping Desa Pemberdayaan M. Umar berharap kedepan BuMDes ini bisa membentuk unit-unit usaha lainnya sesuai dengan potensi desa. Selain itu juga bisa memanfaatkan aset-aset desa yang telah dibiayai oleh dana desa dari tahun 2015. Serta bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di mana kecamatan Panongan memiliki 7 desa yang sangat berpotensi baik Sumber Daya Alam nya maupun sumber daya manusia nya. (Swara Prima)


Bagikan artikel ini